Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono akan meninjau jalan poros Manado - Tomohon yang terputus akibat banjir di sejumlah daerah di Sulawesi Utara.

"Saya akan melihat langsung kondisi jalur Manado - Tomohon yang terputus akibat banjir pada Sabtu 18 Januari 2014," kata Agung Laksono di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, jalur tersebut merupakan jalur utama yang menjadi urat nadi perekonomian warga.

"Akibat banjir, jalur tersebut dikabarkan terputus, karenanya saya akan melihat kondisinya secara langsung untuk mencari solusi terbaik dari pemerintah," katanya.

Selain jalan yang terputus, katanya, ia juga mendapat laporan bahwa aliran listrik mati di sejumlah daerah. "Namun ada juga daerah yang listriknya sudah hidup kembali," katanya.

Agung menambahkan, berdasarkan laporan sementara yang dia terima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Manado, diketahui bahwa sebanyak 2.000 warga mengungsi karena musibah banjir. Mereka adalah warga dari Kecamatan Singkil, Tikala, Paal Dua, Bunaken Daratan, Wanea, dan Malalayang.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kata Agung sudah mengirimkan bantuan dana dan logistik, berupa perahu karet, tenda untuk pengungsian, makanan, selimut, obat-obatan dan lain sebagainya.

"Pemerintah pusat dan pemerintah daerah terus melakukan koordinasi untuk menanggulangi bencana banjir di Sulawesi Utara selama masa tanggap darurat," katanya.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2014