Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat memantau keamanan pangan pokok di sejumlah pasar di wilayah tersebut menjelang Idul Adha 1445 Hijriah.

Pemantauan yang dilakukan setiap hari Selasa tersebut meliputi keamanan atau kesehatan pangan pokok di pasar terkait.

"Kita pantau setiap minggu dan besok kita ada pengawasan pangan. Pengawasan pangan 'on the spot' (di lokasi)," kata Kepala Suku Dinas (Sudin) KPKP Jakarta Barat Novy. C Palit saat dihubungi di Jakarta pada Senin.

Ada empat pasar tradisional dan satu pasar swalayan yang dipantau. "Pasar tradisionalnya ada Pasar Jembatan 2, Jembatan Besi, Jembatan 5 sama Pejagalan, terus satu pasar swalayan di Kedoya," katanya.

Baca juga: KPKP Jaksel periksa 1.244 sampel pangan layak konsumsi
Baca juga: BBPOM DKI telusuri temuan bahan pangan berformalin di Pasar Santa


Untuk pemeriksaan keamanan pangan, kata Novy, sempel pangan pokok seperti daging ayam, daging sapi dan produk pertanian dari pasar-pasar yang dipantau akan diambil dan diperiksa di lokasi dengan peralatan yang dibawa di dalam kendaraan Sudin KPKP.

"Nanti sempel pangan dari pasar-pasar tradisional tadi akan diperiksa 'on the spot' di mobil itu, ada 'rapid test' namanya. Jadi dicek langsung diuji," katanya.

Yang dicek antara lain daging sapi, daging ayam dan produk pertanian seperti sayur-sayuran yang bukan olahan.

Hingga pemeriksaan terakhir pada Selasa (4/6), Novy memastikan bahwa pangan-pangan yang ada sehat atau bebas bahan kimia berbahaya. "Selama ini dipastikan sehat, dipastikan aman, tapi tetap pengawasan kita lakukan," kata Novy.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024