Jakarta (ANTARA) -
Muhammadiyah Center for Entrepreneurship and Business Incubator (MCEBI) memperluas kerja sama dengan Badan Otorita Borobudur (BOB) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mewujudkan jaringan inkubator wirausaha yang visioner, kreatif-produktif, dan menerapkan prinsip ekonomi Islam.

Tim dari BOB yang dipimpin langsung Bisma Jatmika, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Kemenparekraf  melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) baru-baru ini, kata Ketua MCEBI  Endang Rudiatin di Jakarta, Senin.
 
"Kunjungan tim dari BOB berlangsung pada 22 Mei dan 7 Juli 2024 dan kami membahas berbagai hal untuk jalin kerja sama," kata Endang yang juga dosen UMJ. 
 
MCEBI merupakan lembaga inkubasi bisnis dan kewirausahaan bagi mahasiswa yang didirikan oleh 30 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia pada 2 Februari 2022 dan diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.
 
MCEBI berada di bawah koordinasi Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Dikti Litbang) PP Muhammadiyah.

Baca juga: MCEBI dukung Student Corner UMJ untuk promosikan produk mahasiswa
 
Dalam pertemuan itu BOB menunjukkan ketertarikan dengan model inkubasi bisnis yang dilaksanakan MCEBI, salah satunya dalam bentuk Studentpreneur Bootcamp yang pernah digelar di area wisata Bukit Menoreh Glamping Kulonprogo, Yogyakarta, pada 26 dan 27 Mei 2023.
 
BOB ingin menerapkan model serupa untuk pelaku ekonomi kreatif di wilayah Borobudur, dengan fokus utama meningkatkan kualitas produk ekonomi kreatif pada 14 desa wisata yang tersebar di lima kabupaten/kota di Jawa Tengah.
 
Lebih jauh Endang mengatakan pertemuan itu menghasilkan kesepakatan antara MCEBI dan BOB untuk membangun kolaborasi dalam menjalankan cetak biru inkubasi wirausaha terintegrasi mahasiswa dan pelaku ekonomi kreatif di 14 desa wisata Jawa Tengah.
 
Tim MCEBI dan BOB juga melakukan diskusi terkait implementasi kerja sama dalam bentuk promosi produk dan rangkaian lanjutan proses inkubasi bisnis lainnya di kampus-kampus PTMA.

Baca juga: MCEBI fokus penciptaan produk jasa dalam kewirausahaan kampus
Pada tahun 2024 bootcamp akan kembali digelar dengan host dari Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus).

MCEBI telah menghasilkan ekspotir kopi yang difasilitasi dalam acara coba kopi bersama pembeli asing Filipina di Magelang tahun 2023.

Tahun ini salah satu perwakilan Indonesia dalam Festival Kopi yang dilaksanakan pada 19-21 April 2024 di Helsinki, Finlandia, dan 27-28 April di Tallinn, Estonia, ialah Aprilisfiya, mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), yang meraih predikat terbaik keempat dalam Studentpreneur Bootcamp MCEBI.
 
Endang berharap kolaborasi bersama BOB tidak hanya menambah pelaku ekonomi kreatif yang handal, baik dari UMKM maupun kalangan kampus, tetapi juga dapat memfasilitasi dalam pelatihan dan pendampingan.
 
Selain itu, lanjutnya juga dibicarakan soal pembiayaan yang sering menjadi kendala pelaku ekonomi kreatif dalam pengembangan bisnis mereka.

Baca juga: Mahasiswa dapat modal Rp288 juta dalam Studentpreneur Bootcamp MCEBI

Pewarta: Budhi Santoso
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024