Manado (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan bantuan untuk korban bencana di Kota Manado, Tomohon dan Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

"Bantuan yang diberikan presiden ini untuk membantu meringankan beban penderitaan yang dialami masyarakat setelah terjadi bencana longsor, banjir bandang dan angin kencang pada beberapa hari lalu," kata Wakil Gubernur Djouhari Kansil di Manado, Jumat.

Bantuan tanggap darurat yang diberikan presiden berbentuk bahan makan, obat-obatan, makanan pengganti air susu ibu (MP-ASI), tenda keluarga, dan matras, kata dia.

Djouhari mengatakan, pengiriman bantuan pemerintah pusat ini dilaksanakan bertahap menggunakan Hercules melalui Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, ke Bandara Sam Ratulangi.

"Bantuan tersebut seluruhnya berjumlah 70 ton paket obat-obatan, MP-ASI, dan makanan tambahan untuk ibu hamil hingga matras," katanya.

Dia mengatakan, bantuan akan disalurkan melalui posko bencana provinsi di Badan Penanggulangan Bencana Provinsi (BPBD) Sulawesi Utara.

"Nantinya pemerintah provinsi akan mencatat seluruh bantuan yang masuk baik dari pemerintah maupun dari swasta atau BUMN, kemudian disalurkan," katanya.

Bantuan yang diterima Jumat (17/1) sebanyak 400 dos MP-ASI, 10 paket makanan tambahan untuk ibu hamil, sedangkan sisanya 1642 dos akan dikirim kemudian.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014