Jakarta (ANTARA) - Pemain sayap tim nasional Indonesia Ragnar Oratmangoen bertekad mengukir gol perdananya di hadapan publik tanah air saat tim Garuda memainkan pertandingan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Filipina pada Selasa (11/6).

Ragnar telah menyumbang gol untuk tim Merah-Putih, tetapi gol tersebut dibukukannya di Stadion My Dinh, Vietnam, saat Indonesia menang 3-0 atas tuan rumah pada 26 Maret.

Saat ditanya target pribadinya, Ragnar pun menyatakan sangat ingin mencetak gol di kandang timnas, yakni Stadion Gelora Bung Karno.

“Saya berharap untuk diri saya sendiri bahwa saya akan mencetak gol di GBK. Tapi hal terpenting besok adalah kami memenangi pertandingan dan melaju ke putaran berikutnya,” tutur Ragnar pada konferensi pers sebelum pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin.

Dari sejarah pertemuan head to head, Indonesia unggul jauh atas Filipina. Mengutip catatan RSSSF (Rec.Sport Soccer Statistic Foundation), Indonesia memiliki catatan 23 kemenangan, empat kali imbang, dan satu kali kalah dari Filipina.

Baca juga: Shin Tae-yong minta publik Indonesia percayai kemampuan timnas

Meski di atas kertas Indonesia memiliki keunggulan atas Filipina, Ragnar mengingatkan bahwa ia dan rekan-rekan setimnya tidak meremehkan sang lawan walaupun tetap optimistis akan dapat meraup tiga poin, sekaligus mengamankan langkah ke putaran ketiga.

“Perasaan untuk pertandingan besok, jelas itu adalah pertandingan yang berat. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya saya memiliki keyakinan terhadap kemampuan tim ini untuk pertandingan besok, bahwa kami dapat memenangi pertandingan,” ujar pemain Fortuna Sittard tersebut.

Indonesia saat ini menghuni posisi kedua klasemen sementara Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim Garuda memerlukan kemenangan atas Filipina yang berada di posisi juru kunci untuk mengamankan satu tiket ke putaran ketiga mendampingi Irak yang telah lebih dahulu memastikan diri lolos ke putaran tersebut.

Baca juga: Rekor pertemuan Indonesia vs Filipina: Garuda dominan
Baca juga: Pelatih Filipina keluhkan ancaman kepadanya dari penggemar Indonesia


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024