Beijing (ANTARA) - Kementerian Perdagangan China menyerukan Uni Eropa untuk menangani perselisihan ekonomi dan perdagangan dengan baik melalui dialog dan konsultasi, mendukung kerja sama yang saling menguntungkan, dan menyambut persaingan yang sehat. Kemendag China menyebutkan bahwa berbagai upaya harus dilakukan untuk mengakomodasi kekhawatiran yang sah dari kedua belah pihak dan menghindari eskalasi perselisihan perdagangan. Kementerian tersebut menggelar simposium dengan asosiasi bisnis dan perusahaan-perusahaan yang didanai China di negara-negara seperti Spanyol, Portugal, dan Yunani. Beberapa perwakilan bisnis telah menyatakan kekhawatiran bahwa UE terus-menerus menekan perusahaan-perusahaan China dengan dalih apa yang disebut persaingan sehat. Menteri Perdagangan China Wang Wentao mengatakan tudingan persaingan tidak sehat terhadap China tidak berdasar. Menurut dia, persaingan yang sehat merupakan konsensus semua negara dan landasan pertukaran internasional, serta tidak dapat ditentukan oleh beberapa negara saja.

Wang mengatakan bahwa persaingan sehat yang sebenarnya berarti berupaya untuk memperbaiki diri, alih-alih menjatuhkan yang lain.

"Persaingan sehat harus terbuka, kooperatif, setara, dan saling menguntungkan, alih-alih eksklusif. Persaingan sehat juga berarti mematuhi peraturan yang telah disepakati secara internasional, alih-alih melanggar atau merusak peraturan tersebut sesuka hati," ujar Wang.

Dia mengatakan bahwa China mengedepankan kerja sama yang saling menguntungkan, namun tidak menghindari atau takut berkompetisi. Menurut dia, China menyambut baik persaingan sehat, dan menentang persaingan kejam yang dirancang untuk mengekang serta menekan.

Wang juga menanggapi kekhawatiran atas penyelidikan antisubsidi UE terhadap kendaraan listrik China, yang telah memengaruhi kerja sama antara perusahaan otomotif China dan perusahaan otomotif Eropa. Dia mengungkapkan bahwa cara yang tepat bagi kedua belah pihak agar dapat akur adalah dengan memperluas kerja sama dan mencapai hasil yang saling menguntungkan di tengah persaingan yang sehat.

Dia menyampaikan pernyataan tersebut saat melakukan kunjungan ke sebuah perusahaan patungan antara Chery Automobile China dan Ebro-EV Motors Spanyol di Barcelona, Spanyol, belum lama ini. Dia berharap pihak Eropa akan meninggalkan proteksionisme perdagangan dan kembali ke jalur dialog dan kerja sama yang benar.

Dia juga mengatakan bahwa dirinya berharap perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam perusahaan patungan ini dapat mengatasi kesulitan mereka untuk menjadikan pekerjaan mereka sebagai sebuah proyek penting kerja sama ekonomi dan perdagangan antara China dan Spanyol, serta antara China dan Eropa.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2024