Washington (ANTARA News) - Moodys menaikkan peringkat utang Irlandia pada Jumat, menariknya keluar dari wilayah sampah ke layak investasi Baa3, sebagai pengakuan atas kelulusan negara ini dari program penyelamatan Uni Eropa-IMF.

Moody juga menempatkan negara itu pada prospek positif, mengutip potensi pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan prospek utang Irlandia, lapor AFP.

Kenaikan peringkat satu tingkat dari Ba1, yang telah membebani kemampuan negara itu untuk mengumpulkan dana di pasar modal, dikaitkan dengan kenaikan pertumbuhan ekonomi baru-baru ini.

Moodys mengatakan bahwa momentum menunjukkan "kemungkinan peningkatan pengamanan pertumbuhan jangka panjang berkelanjutan yang dibutuhkan untuk mencapai perubahan keuangan publik di Irlandia."

Selain itu mengutip keluarnya Irlandia dari program dukungan Uni Eropa-Dana Moneter Internasional pada Desember "sesuai jadwal, karena peningkatan solvabilitas dan pulihnhya akses ke pasar."

"Kemampuannya untuk bekerja tanpa batas kredit pencegahan mencerminkan bahwa agenda reformasi pemerintah sebagian besar tetap di jalurnya" meskipun kondisi ekonomi di dalam dan luar negeri menantang.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2014