Jakarta (ANTARA) -
Bawang putih bukan hanya bumbu biasa yang memberikan rasa dan rasa pada makanan Anda.

Profil nutrisinya yang kuat dapat membantu mencegah banyak kondisi kesehatan kronis dan meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.
 
Ditulis laman Hindustan Times, Senin (10/6), bawang putih mentah memiliki enzim bernama allicin yang memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antikanker. Mengunyah bawang putih mentah dapat membuka senyawa yang mengandung sulfur yang pada gilirannya memberikan berbagai manfaat.

Baca juga: Misinformasi! Sakit kepala reda dengan menaruh bawang putih di telinga

Baca juga: Jangan dibuang, ini manfaat kulit bawang


1-2 siung bawang putih ideal untuk mendapatkan banyak manfaatnya. Makan lebih dari jumlah yang disarankan dapat menyebabkan keasaman, rasa terbakar di jantung, atau pendarahan.
 
Satu siung bawang putih mentah mengandung mangan, Vitamin C, selenium, serat, kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, Vitamin B1, Vitamin B6, dan kalium.
 
Berikut enam manfaat mengesankan, dijelaskan oleh Ahli Diet Rashi Tantia, HOD Dietetics, Metro Hospital, Faridabad.
 
1. Meningkatkan kekebalan tubuh
 
Bawang putih mentah kaya akan antioksidan dan senyawa yang mengandung belerang, yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Konsumsi secara teratur dapat membantu melindungi terhadap infeksi dan penyakit.
 
2. Sifat anti-inflamasi
 
Bawang putih mengandung senyawa anti-inflamasi seperti diallyl disulfide, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga berpotensi meringankan gejala kondisi seperti arthritis.
 
3. Meningkatkan kesehatan jantung
 
Bawang putih diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah pengerasan pembuluh darah. Manfaat ini secara kolektif mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.
 
4. Mendetoksifikasi tubuh
 
Senyawa sulfur dalam bawang putih membantu mendetoksifikasi logam berat dari tubuh. Ini mendukung fungsi hati dan membantu membersihkan tubuh dari racun, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
 
5. Meningkatkan kesehatan pencernaan
 
Mengonsumsi bawang putih saat perut kosong dapat merangsang pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus. Ini meningkatkan produksi enzim pencernaan dan memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu menyeimbangkan flora usus.
 
6. Efek antimikroba dan antivirus
 
Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan antivirus yang kuat. Mengunyah bawang putih mentah dapat membantu melawan patogen, termasuk bakteri, virus, dan jamur, mengurangi risiko infeksi dan meningkatkan kesehatan mulut.

​​​​​Sebaiknya konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan sebelum melakukan perubahan signifikan pada pola makan atau pola kesehatan Anda.
 

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024