Jakarta (ANTARA) - Apple resmi mengumumkan kehadiran iOS 18 pada ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024, menawarkan berbagai peningkatan fitur untuk iPhone.

Pertama adalah Apple Intelligence, yang merupakan dorongan kecerdasan artifisial (AI) perusahaan, tersedia untuk perangkat yang didukung oleh chip A17 dan semua seri chip M.

Alat AI ini membantu mengatur notifikasi, menulis ulang teks, proofreading, dan merangkum teks. Aplikasi Mail juga mendapatkan saran Balasan Cerdas dan kemampuan untuk menampilkan email prioritas di bagian atas kotak masuk.

Apple menekankan bahwa AI mereka "didasarkan pada informasi dan konteks pribadi Anda" dan dapat merujuk pada apa yang pengguna lihat di layar. Namun dengan Apple AI hadir "privasi yang kuat", berkat pemrosesan di perangkat. Artinya, AI mengetahui data pribadi pengguna tetapi tidak mengumpulkan data.

AI Apple juga memungkinkan pengguna membuat gambar yang sesuai untuk percakapan berdasarkan foto profil teman. Sketsa, ilustrasi, dan animasi adalah tiga gaya di mana pengguna dapat membuat gambar menggunakan Image Playground Apple, yang dibangun di banyak aplikasi bawaan, tetapi juga tersedia sebagai alat mandiri. Setiap gambar dibuat di perangkat.

Selanjutnya terdapat "Genmoji" yang merupakan emoji AI generatif. Pengguna dapat membuat genmoji berdasarkan gambar seseorang dan AI memungkinkan untuk mencari gambar dan video menggunakan bahasa alami.

Ada pula Clean Up, yakni penghapus AI Apple yang membantu pengguna menghilangkan orang dan objek yang tidak diinginkan di foto.

Memories memungkinkan pengguna membuat cerita video dengan hanya mengetik deskripsi. Alat ini menggunakan pengenalan bahasa dan gambar untuk memilih foto dan video terbaik berdasarkan deskripsi, dan bahkan memberi saran lagu yang sesuai.

Pengguna juga dapat merekam, mentranskripsikan, dan merangkum audio di aplikasi Notes dan Phone. Jika pengguna merekam panggilan telepon, peserta akan diberi tahu, dan setelah selesai pengguna akan mendapatkan ringkasan.

Apple Intelligence menggunakan model bahasa besar dan difusi. Private Cloud Compute memungkinkan menggunakan model berbasis server untuk kueri yang lebih kompleks. Server ini menawarkan privasi dan keamanan iPhone, karena mereka tidak pernah menyimpan data pengguna.

Penginkatan besar datang pada Siri. Asisten ini memiliki tampilan baru dan dapat memahami bahasa alami lebih baik. Siri juga mengingat konteks percakapan, dan sekarang pengguna dapat mengetiknya. Pengguna juga bisa bertanya tentang fitur iOS.

Selama "setahun ke depan", Siri akan mendapatkan kesadaran layar, dan pengguna akan dapat menggunakannya untuk mengoperasikan aplikasi.

Kesepakatan Apple dengan OpenAI juga nyata, jadi sekarang pengguna mendapatkan ChatGPT di iOS 18, yang dapat diakses melalui Siri. ChatGPT juga diintegrasikan ke dalam alat penulisan sistem.

ChatGPT akan datang "akhir tahun ini" jadi mungkin tidak tersedia saat peluncuran atau setidaknya tidak saat beta pertama iOS 18 keluar.

iOS 18 juga hadir dengan fitur kustomisasi lebih banyak dari sebelumnya. Pengguna bisa lebih banyak menyesuaikan layar beranda, termasuk meletakkan sesuatu di grid dalam urutan apa pun, mengubah warna ikon aplikasi untuk melengkapi wallpaper, dan Pusat Kontrol sekarang juga lebih dapat disesuaikan.

Baca juga: Apple dilaporkan bakal kenalkan Apple Intelligence di WWDC 2024

Baca juga: Apple dan OpenAI diduga telah sepakat bawa ChatGPT ke iOS 18


Pengguna sekarang bisa mengunci aplikasi agar tidak dilihat oleh orang yang tidak diinginkan, dan Anda bisa memilih kontak mana yang dapat dilihat aplikasi sehingga mereka tidak perlu memiliki akses ke semua kontak saat Anda berbagi iPhone dengan mereka.

Aplikasi Passwords baru adalah tempat pengguna mengakses kata sandi, tetapi juga passkey, kata sandi Wi-Fi, dan kode verifikasi, semuanya di satu tempat.

Aplikasi ini akan memberi tahu pengguna tentang kelemahan umum seperti kata sandi yang mudah ditebak atau digunakan beberapa kali, serta yang muncul dalam kebocoran data yang diketahui.

Pesan mendapatkan "tapback" dengan emoji atau stiker apa pun. Ada juga dukungan untuk pesan terjadwal, serta pemformatan teks dengan huruf tebal, garis bawah, dan miring, serta efek seperti jitter, shake, dan bouncing.

Perusahaan juga telah mengonfirmasi bahwa dukungan rich communication service (RCS( akan dimasukkan ke dalam iOS 18. Pesan satelit dua arah juga akan menjadi hal yang penting, dengan enkripsi ujung ke ujung.

Aplikasi Mail mendapatkan kategorisasi di perangkat dengan kategori Primer, Transaksi. Ada juga'ringkasan" dari setiap kategori untuk membacanya dengan cepat.

Maps memiliki peta topografi baru dengan rute hiking yang dapat diakses offline, Wallet mendapatkan Tap to Cash sebagai cara untuk menukar Apple cash hanya dengan menempelkan dua iPhone bersama-sama.

Journal mendapatkan tampilan Insights, dan pengguna dapat mencari entri sebelumnya. Mode Game akan datang ke iOS, meminimalkan aktivitas latar belakang selama sesi bermain, dan meningkatkan responsivitas secara dramatis dengan pengontrol game dan AirPods.

Photos mendapatkan desain ulang, yang disebut Apple sebagai yang terbesar. Aplikasi ini sekarang terbuka sebagai grid, dengan perpustakaan di bagian bawah. Pengguna mendapatkan "koleksi" untuk hal-hal seperti orang dan hewan peliharaan, dan pengguna dapat menyaring hal-hal seperti tangkapan layar. Aplikasi ini juga mengurutkan gambar berdasarkan wajah, untuk akses cepat ke foto teman dan keluarga.

iOS 18 akan tersedia sebagai beta publik pada bulan Juli dan akan dirilis ke publik pada musim gugur. Beta pengembang sudah keluar bagi mereka yang ingin menguji aplikasi mereka di platform baru ini. Demikian dikutip dari GSM Arena, Senin (10/6).

Baca juga: Fitur emoji AI dan kustomisasi aplikasi dikabarkan hadir di iOS 18

Baca juga: Apple diramalkan rombak ulang desain aplikasi untuk iOS 18

Baca juga: Apple lakukan pembicaraan dengan OpenAI-Google terkait AI di iOS 18

 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024