Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) dan University of Dar Es Salaam sebagai universitas negeri tertua dan terkemuka di Tanzania menjalin kerja sama untuk mengembangkan sumber daya energi yang berkelanjutan.

Sekretaris Universitas UI, dr. Agustin Kusumayati di Depok, Jawa Barat, Selasa, mengatakan kolaborasi tersebut sejalan dengan misi yang dijalankan oleh UI.

Saat ini, UI tengah berkonsentrasi pada upaya pelestarian lingkungan melalui program edukasi dan pengabdian, serta penciptaan inovasi untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Karena itu, riset di bidang sumber daya energi dan mineral dinilai penting, terutama dalam pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan.

“Penelitian di sektor energi dan mineral penting dilakukan dalam upaya pengelolaan sumber daya energi berkelanjutan," katanya.

Baca juga: Bappenas dan Pertamina kerja sama perkuat ketahanan energi nasional

Kolaborasi ini dapat dilakukan karena UI memiliki Program Studi Teknik Metalurgi yang berfokus pada kemampuan menentukan dan merekayasa, serta memproses dan mengendalikan sifat-sifat material logam maupun non-logam.

UI juga memiliki Program Studi Geologi yang mengkaji permasalahan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan serta kebencanaan kebumian dengan menerapkan teknologi sesuai etika profesi di tingkat nasional dan internasional.

Dengan  kolaborasi tersebut, UI turut memperluas kerja sama yang terjalin dengan beberapa universitas di Tanzania.

Baca juga: UI-UGM-UTS ciptakan sistem penyediaan air minum hadapi perubahan iklim

Pada kemitraan ini, UI dan University of Dar Es Salaam akan mengembangkan berbagai proyek bersama dalam bentuk pertukaran pelajar dan kegiatan riset-inovasi yang memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

Ambassador of the United Republic of Tanzania, Macocha Moshe Tembele menawarkan kolaborasi, khususnya pengembangan inovasi dan riset bersama di bidang sumber daya energi dan mineral demi tercapainya industrialisasi lokal.

Dengan perluasan kolaborasi ini, UI berharap dapat memperkuat hubungan akademis dan penelitian antara kedua institusi untuk mendorong kemajuan ilmu pengetahuan yang berdampak bagi masyarakat global.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024