Jakarta (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan pentingnya mempertimbangkan berbagai faktor dalam pemulihan lingkungan, termasuk upaya mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) KLHK Mahfudz dalam diskusi daring diikuti dari Jakarta, Selasa, mengatakan penyelesaian krisis iklim membutuhkan inovasi dan prinsip keadilan, terutama dalam upaya pemulihan lingkungan.

"Melalui restorasi lahan akan memberikan manfaat bagi ekosistem dengan mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Guna memastikan upaya pemulihan lahan sekaligus memastikan kesejahteraan masyarakat sekitar, ia menyampaikan bahwa Direktorat Jenderal PSKL dalam melaksanakan berbagai kebijakan mempertimbangkan pilar ekonomi, lingkungan/ekologi, dan sosial budaya.

Selain lingkungan, sektor ekonomi juga perlu menjadi pertimbangan penting dalam upaya pemulihan lingkungan sebagai salah satu langkah mitigasi iklim.

Baca juga: BNPB percepat pemulihan lingkungan terdampak longsor di Sinjai

Dia menjelaskan bahwa dalam masyarakat yang belum sejahtera maka akan sulit untuk merangkul mereka dalam upaya pelestarian.

"Maka melalui upaya ini tentu kesejahteraan masyarakat harus kita dorong dengan tidak melupakan kepentingan lingkungan dan menjaga dinamika sosialnya," ujarnya saat diskusi dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni.

Dia mendorong kolaborasi semua pihak dalam berbagai upaya yang dilakukan pemerintah, termasuk beragam program kemitraan lingkungan yang dilakukan KLHK.

Ia mencontohkan tentang keberagaman latar belakang para penerima penghargaan Kalpataru 2024. Penghargaan itu, diberikan kepada individu atau kelompok yang berjasa terhadap masyarakat dan lingkungan.

Dia mengatakan hal itu semua memiliki tujuan sama, yaitu menanggulangi krisis dihadapi bumi saat ini, termasuk polusi, krisis iklim, dan kehilangan keanekaragaman hayati.

"Untuk menuju kepentingan bersama diperlukan kolaborasi dan partisipasi aktif dari setiap pihak dalam rangka menyelamatkan bumi, kami pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dan tentu banyak pihak yang akan dilibatkan," ujarnya.

Baca juga: Menteri LHK ingatkan biaya pemulihan lingkungan bakal terus meningkat
Baca juga: DLHK: Penanaman bambu di Humbang Hasundutan sebagai pemulihan alam
Baca juga: Pemerintah lakukan pemulihan lingkungan seiring dengan pembangunan IKN


Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024