Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jendral Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) mengenai Gaza yang berlangsung di Yordania, Selasa, menurut keterangan tertulis dari Pusat Informasi PBB (UNIC) di Jakarta.

Konferensi “Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza” (Seruan Aksi: Bantuan Kemanusiaan Mendesak untuk Gaza) diadakan atas undangan Raja Yordania Abdullah II, Presiden Mesir Abdel Fattah El Sisi, serta Sekjen PBB.

Konferensi tersebut bertujuan mencari respons kolektif yang terkoordinasi untuk mengatasi situasi kemanusiaan yang mengerikan di Gaza.

Para kepala negara dan pemerintahan, serta kepala badan-badan kemanusiaan dan bantuan internasional akan berpartisipasi dalam acara tersebut.

Selama konferensi, Guterres diperkirakan akan mengadakan beberapa pertemuan bilateral dengan para pejabat.

Konferensi tersebut akan mengidentifikasi cara-cara untuk memperkuat respons komunitas internasional terhadap bencana kemanusiaan, menguraikan langkah-langkah dan prosedur standar yang efektif.

Selain itu, mengidentifikasi kebutuhan operasional dan logistik serta jenis dukungan yang diperlukan dalam hal tersebut, membahas persiapan pemulihan dini, sekaligus mencari komitmen untuk respons kolektif dan terkoordinasi guna mengatasi situasi kemanusiaan di Gaza.

Tujuan utama dari pertemuan tingkat tinggi ini adalah mencapai konsensus mengenai langkah-langkah praktis guna memenuhi kebutuhan mendesak di lapangan.

Baca juga: Sekjen PBB kecam banyak korban sipil dalam operasi militer Israel
Baca juga: Resolusi gencatan senjata di Jalur Gaza usulan AS disahkan DK PBB

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2024