Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar pelatihan kepemimpinan di DKI Jakarta sebagai upaya untuk meningkatkan indeks pembangunan pemuda (IPP) di provinsi tersebut.

Pelatihan yang dibuka pada Senin (10/6) malam itu bernama Pelatihan Peningkatan Kepemimpinan Pemuda dalam Berorganisasi Tahun 2024. Tema yang diangkat adalah “Optimalisasi Karakter Kepemimpinan untuk Meningkatkan Partisipasi Pemuda”.

Dilansir dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Raden Isnanta mengatakan kegiatan ini merupakan upaya terus-menerus dari pemerintah untuk menaikkan IPP, khususnya di DKI Jakarta yang memiliki berbagai masalah kepemudaan.

“Melalui pelatihan-pelatihan kepemudaan semacam ini, diharapkan IPP terus meningkat. DKI Jakarta yang multikompleks permasalahan kepemudaan, termasuk masih rendah indeksnya, diharapkan setelah pelatihan ini, ada perubahan skor dengan cepat,” kata Isnanta ketika membuka acara pelatihan itu.

Baca juga: Kemenpora ingin pemuda berjejaring SDM menuju Indonesia Emas 2045

Menurut dia, dengan berkolaborasi bersama pemerintah pusat dan daerah serta berbagai komunitas pemuda dan masyarakat, DKI Jakarta dapat menjadi contoh sekaligus inspirasi untuk perubahan pembangunan yang cepat.

“Karena pada hakikatnya, pembangunan adalah kerja kolaboratif,” katanya menambahkan.

Sementara itu, Asisten Deputi Kepemimpinan Pemuda Andi Susanto melaporkan bahwa pelatihan kali ini menyasar para pemuda yang sudah berkecimpung dalam organisasi kepemudaan. Mereka akan kembali didorong agar tingkat partisipasi pemuda dalam pembangunan semakin meningkat.

“Kegiatan ini diawali di DKI Jakarta dengan melibatkan para pemuda yang sudah aktif berorganisasi, baik organisasi pelajar, mahasiswa, organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP), maupun komunitas-komunitas pemuda,” ucapnya.

Baca juga: Kemenpora gelar PKMB untuk dongkrak indeks pembangunan pemuda

Sebagai tuan rumah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Andri Yansyah menyampaikan ucapan terima kasih karena DKI Jakarta telah diberikan kesempatan pertama untuk menyelenggarakan pelatihan tersebut.

Ia mengatakan pelatihan ini akan memberikan peluang bagi para pemuda untuk terus mengasah diri serta mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang hebat pada masa mendatang.

“Semoga dari pelatihan ini akan muncul pemimpin yang kuat dan berkarakter di masa depan, kuat secara fisik atau sehat, juga memiliki keluasan intelektual, sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan,” ucapnya.

Pelatihan Peningkatan Kepemimpinan Pemuda dalam Berorganisasi Tahun 2024 itu diikuti oleh 100 pemuda dari berbagai kalangan. Nantinya, dari DKI Jakarta, pelatihan akan berlanjut ke berbagai daerah dengan prioritas daerah yang masih memiliki IPP tergolong rendah.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2024