Jambi (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mengucurkan dana hibah pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 kepada Korem 042/Gapu senilai Rp5,8 miliar.

"Pemerintah Provinsi Jambi menghibahkan dana untuk Pilkada 2024 kepada Korem 042 Garuda Putih, tentang pelaksanaan dan penyelenggaraan pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi 2024, sebesar Rp5,8 miliar," kata Gubernur Al Haris di Jambi, Selasa.

Gubernur mengatakan bahwa kegiatan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) tersebut untuk mendukung kinerja TNI di lapangan dalam rangka mengamankan jalannya Pilkada agar berjalan lancar, aman, damai dan kondusif.

Dia berharap pelaksanaan Pilkada pada tahun 2024 ini berjalan dengan baik dan lancar.

"Kita mengharapkan pelaksanaan Pilkada 2024 ini berjalan dengan kondusif, berjalan dengan lancar, damai dan aman. Untuk itu peran TNI di tengah-tengah masyarakat sangat menentukan, bagaimana pendekatan TNI kepada masyarakat sampai paska pemilihan gubernur dan wakil gubernur nantinya sangat menentukan kedamaian dan keamanan di tengah Masyarakat, " kata dia.

Dana hibah ini mendorong kinerja bersama dalam pengamanan Pilkada di setiap daerah nantinya dalam melaksanakan koordinasi bagi pihak TNI yang melaksanakan tugas di lapangan.

Pihaknya mengakui menjelang pelaksanaan Pilkada kondisi dan situasi harus dalam keadaan aman dan kondusif. TNI juga berperan menciptakan isu-isu positif yang tidak memecah belah masyarakat sehingga berlangsung Pilkada yang damai dan kondusif.

Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI Rachmad mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jambi atas hibah yang diberikan kepada Korem 042/Gapu dalam mendukung pelaksanaan pengamanan Pilkada di Provinsi Jambi.

Ia menegaskan Korem 042/Gapu siap mengamankan jalannya Pilkada di Provinsi Jambi dengan optimal mulai dari tahap perencanaan sampai tahap akhir Pilkada.

Korem 042/Gapu menyiapkan 1.200 orang personel dan akan terus berkoordinasi mulai dari tingkat bawah sampai tingkat provinsi demi terwujudnya keamanan dan ketertiban selama Pilkada.

Pewarta: Tuyani
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024