Jakarta (ANTARA) - Polisi mengerahkan 2.086 personel gabungan untuk mengamankan pertandingan sepak bola kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta pada Selasa malam.
 
"Hari ini kami kerahkan 2.086 personel gabungan untuk mengamankan pertandingan sepak bola Indonesia vs Filipina di GBK Jakarta," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Personel gabungan yang dilibatkan berasal dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
 
Personel disebar di sejumlah titik kawasan GBK mulai dari pintu masuk, tempat berlangsungnya pertandingan, hingga di seputar GBK Senayan.

Baca juga: Pratinjau Indonesia vs Filipina: partai hidup mati Garuda
 
Susatyo mengimbau kepada para penonton untuk tidak membawa petasan, kembang api atau "flare", senjata tajam dan minuman keras atau minuman beralkohol. "Semua pihak agar menjaga keamanan dan ketertiban di lokasi pertandingan," ujar Susatyo.
 
Terkait situasi arus lalu lintas, Susatyo menyebutkan rekayasa dilakukan situasional tergantung kondisi di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.
 
"Kami hanya mengimbau kepada pengguna jalan yang tak berkepentingan untuk menghindari kawasan di sekitar GBK dan mencari rute alternatif agar tak terjebak kepadatan lalu lintas," kata Susatyo.
 
Susatyo menyebutkan petugas akan menindak tegas penonton yang membawa petasan, kembang api maupun "flare" seperti yang pernah terjadi pada pertandingan sebelumnya di GBK.
 
"Yang terlibat pengamanan tetap humanis, kita layani saudara-saudara kita yang akan menonton pertandingan sepak bola. Tidak ada yang membawa senjata api dalam pengamanan," kata Susatyo.

Baca juga: Rekor pertemuan Indonesia vs Filipina: Garuda dominan
 
Kapolsek Tanah Abang, AKBP Aditya SP Sembiring meminta suporter Indonesia untuk tidak membawa "flare" ataupun senjata tajam saat menyaksikan babak kualifikasi Piala Dunia antara Indonesia vs Filipina.
 
Laga penentuan lolos-tidaknya tim nasional sepak bola Indonesia ke babak ketiga Piala Dunia zona Asia tersebut digelar malam nanti pukul 19.30 WIB. Aditya pun berharap agar suporter tertib terlepas dari apapun hasil yang diraih oleh Indonesia nantinya.
 
"Kami mengimbau agar suporter dan penonton bisa memberikan suasana nyaman dan tertib selama pertandingan maupun selesai pertandingan," kata Aditya.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024