Jakarta (ANTARA) - Partai Hanura sejak 23 April hingga 11 Juni 2024 telah memberikan surat rekomendasi kepada 704 bakal calon kepala daerah untuk berkontestasi pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024.

Sekretaris Jenderal Partai Hanura Benny Rhamdani di Jakarta, Selasa, menjelaskan bahwa rincian pemberian surat rekomendasi itu terdiri atas 73 bakal calon gubernur dan wakil gubernur, serta 631 bakal calon bupati-wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota.

"Sebelum menerima surat rekomendasi, bakal calon kepala daerah terlebih dahulu mengikuti uji kelayakan dan kepatutan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura," kata Benny.

Selanjutnya bakal calon kepala daerah yang telah menerima rekomendasi diberikan kesempatan selama satu bulan untuk menggenapi syarat minimal dukungan partai politik, yakni 20 persen kursi DPRD atau 25 persen total perolehan suara pada Pemilu 2024.

"Bakal calon yang telah mendapatkan pasangan dan dukungan minimal kursi 20 persen atau 25 persen total suara, selanjutnya akan diverifikasi dan divalidasi oleh TPPP (Tim Penjaringan, Penetapan, dan Pemenangan Pasangan) Pusat untuk diterbitkan surat keputusan," jelasnya.

Baca juga: Hanura adakan Rapimnas bersiap hadapi Pilkada 2024
Baca juga: Hanura kantongi nama untuk Pilkada DKI


Benny menambahkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) bersama dengan DPD dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura akan membentuk tim pemenangan Pilkada 2024 untuk membantu memenangkan bakal pasangan calon yang telah menerima surat keputusan.

Pada kesempatan itu, Partai Hanura mengungkapkan sejumlah nama bakal calon gubernur yang telah diberikan surat rekomendasi untuk Pilkada 2024 sebagai berikut:
1. Edy Rahmayadi - Sumatera Utara
2. Musa Rajekshah - Sumatera Utara
3. Jhon Wempi Wetipo - Papua Tengah
4. Herman Deru - Sumatera Selatan
5. Zainal Arifin Paliwang - Kalimantan Utara
6. Ahmad Ali - Sulawesi Tengah
7. Sutarmidji - Kalimantan Barat
8. Muhammad Kasuba - Maluku Utara
9. Gabriel Asem - Papua Barat Daya
10. Jefry Apoly Rahawarin - Maluku
11. Murad Ismail - Maluku
12. Ilham Arief Sirajuddin - Sulawesi Selatan

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024