Jakarta (ANTARA) - Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat memberikan edukasi dan sosialisasi terkait penyalahgunaan narkoba kepada ratusan siswa di dua Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Negeri di wilayah tersebut.
 
"Sebanyak 101 siswa dari SMAN 1 dan SMKN 31 Jakarta mengikuti sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba yang diselenggarakan Satnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat," kata Kepala Satuan (Kasat) Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Iver Son Manossoh saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Kegiatan sosialisasi ini bagian dari upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba pada generasi muda. Karena itu, pihaknya sengaja memilih sekolah yang lokasi dengan zona rawan peredaran narkoba.
 
"Kegiatan ini bagian dari program kami ke sekolah-sekolah yang berada dekat wilayah zona rawan peredaran narkoba," ujar Iver.
 
Iver menjelaskan, dalam kegiatan sosialisasi tersebut para siswa diedukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, informasi dan rehabilitasi bagi para pengguna serta layanan konsultasi.

Baca juga: Polres Jakpus sita hampir 50 kilogram narkoba
Baca juga: Polisi musnahkan narkoba seberat 67,8 kilogram jaringan Sumatra
 
Kegiatan yang dilaksanakan di SMAN 1 diikuti sebanyak 45 perwakilan siswa. Sedangkan kegiatan sosialisasi di SMKN 31 diikuti sebanyak 56 siswa.

Para siswa yang mengikuti kegiatan sosialisasi itu merupakan perwakilan dari unsur organisasi siswa. "Kami harap pelajar yang sudah mengikuti sosialisasi mengajak teman sekolah dan lingkungannya menjauhi narkoba agar anak muda kita tumbuh mewujudkan generasi emas Indonesia 2045," kata Iver.
 
Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Pusat, Sri Rahayu Asih Subekti mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh jajaran Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat. Sri menegaskan, upaya menjaga generasi muda ini agar tidak terjerumus dari penyalahgunaan narkoba merupakan tanggung jawab semua pihak.
 
"Upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba itu harus terus selalu diingatkan dan digaungkan, khususnya ke generasi muda agar mereka tidak sampai terjerumus," kata Sri.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024