Jakarta (ANTARA) - Pembalap Mercedes George Russell mengaku membuat beberapa kesalahan di Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Kanada di Sirkuit Gilles-Villeneuve, Montreal, Minggu (9/6).

Beberapa kesalahan itu membuatnya tergelincir ke P3 setelah sebelumnya memimpin balapan, walaupun pada saat yang sama podium tersebut merupakan podium pertamanya musim ini.

Setelah start dari pole position untuk kedua kalinya dalam kariernya, Russell melakukan start bagus dan bertahan di P1 pada awal balapan.

Namun, beberapa lap kemudian posisinya diambil alih oleh Lando Norris yang lebih cepat sebelum kemudian pembalap McLaren itu kehilangan posisinya dari Max Verstappen di tengah perubahan kondisi lintasan.

“Kami sangat cepat di awal balapan dengan menggunakan (ban perantara) dan jelas Lando melaju dengan sangat cepat dan kemudian kami kembali menggunakan ban slick," kata Russell, dikutip dari laman resmi F1, Selasa.

“Saya membuat beberapa kesalahan di luar sana hanya dengan berusaha melampaui batas, membayar konsekuensinya, namun tetap saja, saya meraih podium pertama tahun ini," tambahnya.

Meski mengakui membuat beberapa kesalahan, dalam kesempatan yang sama Russell memuji performa mobilnya di Montreal yang menurutnya "sangat cepat".

"Kami benar-benar memiliki mobil yang sangat cepat akhir pekan ini dan kembali berjuang untuk meraih kemenangan sungguh menyenangkan. Itulah inti Formula 1 dan itulah alasan kami ikut balapan," ujarnya.

Baca juga: Norris sebut P2 di Kanada adalah akhir pekan yang baik bagi McLaren

Sementara itu, rekan Russell, Lewis Hamilton mengatakan "Itu bukanlah balapan yang positif bagi saya", meskipun P4 adalah torehan finis tertingginya musim ini.

Ia mengatakan dengan mobil Mercedes yang terasa sangat cepat di Montreal, menurutnya hasil lebih pantas ia dapatkan.

“Rasanya seperti salah satu perjalanan terburuk yang pernah saya alami. Kecepatannya sedikit bagus di beberapa titik, tetapi pada akhirnya menjadi akhir pekan yang sangat buruk bagi saya," kata pemilik tujuh gelar itu.

Adapun podium di Montreal membuat Russell menempati posisi ketujuh klasemen dengan 69 poin, sedangkan P4 bagi Hamilton membuatnya menguntit rekan setimnya di posisi delapan dengan 55 poin.

Torehan empat besar dari Russell dan Hamilton membuat Mercedes memiliki 124 poin di posisi keempat klasemen sementara konstruktor.

Baca juga: Hattrick kemenangan di Kanada, Verstappen: Itu balapan yang cukup gila
Baca juga: Yuki Tsunoda akan tetap bersama RB musim depan

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024