Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) yakin tim nasional bola tangan Indonesia mengukir prestasi di ASEAN University Games (AUG) 2024 yang akan digelar di GOR Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Jawa Timur mulai 25 Juni hingga 6 Juli.

"Upaya mengukir prestasi cemerlang dalam kejuaraan bola tangan indoor antar mahasiswa se-ASEAN itu, tim nasional Indonesia yang sudah terbentuk akan melakukan penyesuaian suhu udara dan tempat pertandingan di GOR ITS mulai 22 Juni," kata Ketua Umum PB ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar SE MM dalam keterangan resmi, Selasa.

Zulfydar berterima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Bapomi Pusat yang memberikan kesempatan kepada cabang olahraga bola tangan bisa dipertandingkan di multicabang antar mahasiswa ASEAN itu.

Zulfiydar berharap dengan tampilnya para atlet dari kalangan mahasiswa di tingkat internasional akan menjadi cikal bakal keikutsertaan tim mahasiswa Indonesia di kejuaraan multicabang Asia maupun dunia.

Selain itu, Zulfydar juga mengucapkan terima kasih pada Rektor ITS Surabaya Bambang Pramujati yang menyediakan tempat pertandingan di GOR di kawasan kampusnya. Hal itu juga diharapkan menarik minat para mahasiswa menekuni dan mengembangkan prestasi olahraga bola tangan di kampus ITS nantinya.

Pelatih timnas bola tangan Indonesia Muhamad Arif mengatakan siap dan optimistis anak asuhnya dapat meraih prestasi saat tampil di ASEAN University Games (AUG) di Surabaya karena para pemain yang diboyong kali ini sudah memiliki jam terbang di ajang internasional.

Arif mengatakan tim Merah Putih kini berangkat lebih awal menuju Surabaya untuk persiapan dan adaptasi terhadap situasi lapangan juga cuaca di Surabaya yang panas.

Dengan melakukan latihan sebelum tampil dalam pertandingan, Arif menegaskan timnya akan melakukan koordinasi dan pematangan strategi sebelum unjuk gigi di depan dukungan publik sendiri. "Karena kekompakan tim harus utuh saat menghadapi lawan untuk meraih kemenangan dalam setiap pertandingan yang dilakukan, "jelas Arif lagi.

Baca juga: PB ABTI tengah siapkan timnas di ASEAN University Games 2024

Dikutip dari keterangan resmi PB ABTI berikut skuad timnas bola tangan Indonesia:
1. Satria Jaya Faturachman
2. Muhamad Fadly
3. Hendro Prasetyo
4. Abid Abiyu Cadafi
5. Geraldo
6. Fadhika Alfikriasyah
​​​​​​​7. Zainudin
​​​​​​​8. Doni Priawan
​​​​​​​9. Anggara
​​​​​​​10. Septa Ami Maulana
​​​​​​​11. Alfian Ardiyansah
​​​​​​​12. Gimas Fathurohman
​​​​​​​13. Derril
​​​​​​​14. Muhammad Aryasatya Hidayat Noor
​​​​​​​
Pelatih : Muhamad Arif
Asisten pelatih 1 : Slamet Sukriadi
Asisten pelatih 2 : Hibain Sila Perdana
ITO (International Technical Official) : Patra Aghtiar Rahman dan Eka Prasetyo
​​​​​​​
Baca juga: PB ABTI sukses selenggarakan babak kualifikasi PON 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024