Bogor (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan persoalan banjir tidak hanya dibahas saat musim banjir saja, tapi harus dibicarakan tuntas secara terus menerus.

"Persoalan banjir mari kita bicarakan bersama, sepanjang waktu jangan hanya saat banjir saja, banjir telah selesai pembicaraan juga selesai pula. Tiap tahun begitu," ujar Aher saat meninjau Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Aher menyebutkan, pengalaman yang sudah-sudah bisa dijadikan pembelajaran bahwa persoalan banjir harus dibahas bersama-sama secara tuntas.

"Ini sudah jadi pengalaman, mari bersama-sana belajar dari pengalaman Pemerintah Pusat, Jabar, dan DKI, ini tahun terakhir bahas banjir saat banjir. Pemerintah dari hulu hingga hilir," ujar Aher.

Politikus PKS ini mengatakan upaya telah dilakukan sejumlah pihak dari hulu, tengah hilngga hilir.

Di hulu dan tengah telah dilakukan lewat penataan kawasan Puncak dengan pembangunan vila liar.

"Untuk kawasan tengah kita akan membangun dua waduk di kawasan Ciawi untuk menampung air jangan langsung masuk ke Ciliwung," ujarnya.

Selain itu, lanjut Gubernur, akan dibangun sejumlah setu-setu buatan dan memaksimalkan setu alam serta embung di wilayah tengah.

Upaya lainnya, lanjut Gubernur, melakukan sodetan dari Ciliwung ke Cisadane untuk mengurangi beban Ciliwung.

"Tapi sodetan yang dilakukan skala kecil jangan sampai membebani Cisadane karena akan berdampak banjir bagi Tanggerang," ujar Aher.(*)

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014