Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Selasa (11/6), mulai dari Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menemui Raja Jordania Abdullah II bin Al-Hussein hingga Polri mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp60,64 triliun untuk pagu anggaran pada tahun anggaran 2025.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Prabowo temui Raja Jordania bahas krisis kemanusiaan di Gaza

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menemui Raja Jordania Abdullah II bin Al-Hussein dan keduanya berdiskusi membahas krisis kemanusiaan yang saat ini terjadi di Gaza, Palestina.

Prabowo, dalam pertemuan itu, menyebut Jordania saat ini mitra Indonesia yang paling aktif untuk bersama-sama memperjuangkan kemerdekaan rakyat Palestina, terutama dari ancaman agresi militer Israel di Gaza.

Selengkapnya baca di sini.

2. Komisi III perjuangkan tambahan anggaran KPK dan PPATK di tahun 2025

Komisi III DPR siap memperjuangkan penambahan anggaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk tahun anggaran 2025.

"Komisi III DPR dapat menerima penjelasan usulan program KPK sesuai dengan pagu indikatif tahun anggaran 2025 sebesar Rp1,23 triliun dan akan memperjuangkan usulan tambahan yang diajukan sebesar Rp117,12 miliar, sehingga menjadi Rp1,35 triliun," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh, saat membacakan kesimpulan rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

3. Polri usulkan tambahan anggaran sebesar Rp60,64 triliun untuk 2025

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp60,64 triliun untuk pagu anggaran pada tahun anggaran (TA) 2025 saat rapat kerja pembahasan anggaran bersama Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan berdasarkan surat bersama Kementerian Keuangan dan Kementerian Perencanaan Nasional, pagu indikatif Polri untuk TA 2025 itu sebesar Rp104,67 triliun. Namun, menurutnya kebutuhan Polri untuk TA 2025 yakni sebesar Rp165,31 triliun.

Selengkapnya baca di sini.

4. KPU siap tindak lanjuti putusan MK kabulkan 44 perkara PHPU Pileg 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI siap menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan 44 gugatan dari 297 perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pileg 2024.

Anggota KPU RI Idham Holik saat dihubungi dari Jakarta, Selasa, menjelaskan bahwa putusan MK terkait Pileg 2024 bersifat final dan mengikat sejak diucapkan.

Selengkapnya baca di sini.

5. Pakar sebut ada kemungkinan Anies didukung PDIP-PKS di Pilkada Jakarta

Pakar ilmu politik Universitas Indonesia Cecep Hidayat menyebut terdapat kemungkinan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didukung oleh PDI Perjuangan untuk berkontestasi di Pilkada Jakarta.

“Iya, dimungkinkan terjadi. Apalagi kemudian kedua elite sudah lempar wacana ya, baik Puan (Ketua DPP PDIP Puan Maharani) maupun dari pihak Anies sendiri itu saling terlihat tidak berseberangan,” kata Cecep saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Edy M Yakub
COPYRIGHT © ANTARA 2024