Pangkalpinang (ANTARA) - Para distributor bawang merah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menambah 23 ton bawang merah, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha 2024.

"Dalam minggu ini pasokan 23 ton bawang merah ini tiba di pelabuhan," kata Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Tarmin AB, di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan saat ini stok bawang merah di 11 gudang distributor sebanyak 12,5 ton, dan masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut Hari Raya Idul Adha 2024.

"Dengan adanya penambahan pasokan 23 ton bawang merah ini, maka total stok dalam pekan ini akan mencapai 35,5 ton dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya pula.
Baca juga: BPS Lampung: Bawang merah sumbang inflasi 0,21 persen pada Mei

Menurut dia, penambahan stok bawang merah ini sebagai langkah pemerintah daerah dan pelaku usaha untuk menjaga stabilitas harga menjelang Hari Raya Idul Adha yang diperkirakan akan mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

"Pada hari raya kurban nanti, kebutuhan masyarakat terhadap bawang merah dan bumbu masak lainnya akan meningkat untuk memasak daging kurban," ujarnya.

Ia menambahkan saat ini stok bawang putih di 10 gudang distributor sebanyak 25 ton dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah ini.

"Dalam pekan ini tidak ada penambahan pasokan bawang putih ini, karena stok di gudang distributor cukup berlimpah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut Hari Raya Idul Adha tahun ini yang jatuh pada 17 Juni 2024," katanya lagi.
Baca juga: BPS: Cabai merah penyumbang tertinggi inflasi tahunan di Aceh pada Mei
Baca juga: Mentan panen bawang merah di Bekasi perkuat ketahanan pangan

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024