Depok (ANTARA) - Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menyelenggarakan Project Based Learning (PBL) Expo x Competitive Fund 2024 yang kedua kalinya dengan menampilkan berbagai produk dan inovasi hasil karya mahasiswa.

Kegiatan berlangsung selama dua hari, mulai 12 hingga 13 Juni 2024 di Gedung Auditorium Perpustakaan Politeknik Negeri Jakarta.

"Kami apresiasi kegiatan PBL dari PNJ ini sebagai unjuk kerja untuk menampilkan produk-produk dan inovasi yang dilakukan mahasiswa dan dosennya," kata Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Kemendikbudristek, Beny Bandanadjaja di Kampus PNJ Depok, Rabu.

Baca juga: PNJ berkolaborasi dengan industri pamerkan karya inovasi mahasiswa

Ia mengatakan metode PBL merupakan kebijakan dari Kemendikbudristek yang harus dijalankan perguruan tinggi, khususnya kampus untuk negeri, karena merupakan penilaian Indikator Kinerja Utama (IKU).

"Kegiatan ini juga penting untuk dihadiri oleh industri, sehingga nantinya dapat dilihat apa saja yang telah dihasilkan mahasiswa," katanya.

Sementara itu, Direktur PNJ Dr Syamsurizal mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menampilkan hasil karya inovatif mahasiswa yang telah menerapkan konsep pembelajaran berbasis proyek dalam berbagai bidang studi.

Syamsurizal menilai mahasiswa antusias dalam melaksanakan PBL, karena proses belajar mereka langsung dirasakan di lapangan.

Project Based Learning Expo x Competitive Fund merupakan ajang tahunan yang menghadirkan berbagai proyek kreatif dan inovatif dari mahasiswa PNJ.

Tahun ini, kegiatan PBL Expo x Competitive Fund menampilkan tujuh proyek dari setiap jurusan yang mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti teknik, bisnis, teknologi informasi, dan desain.

Setiap proyek merupakan hasil kolaborasi antara mahasiswa dan dosen, yang bertujuan untuk memberikan solusi nyata terhadap berbagai tantangan industri dan masyarakat.

Selama dua hari, pengunjung dapat melihat secara langsung berbagai proyek yang dipamerkan, mengikuti seminar dari tokoh inspiratif, workshop PBL, serta berdiskusi dengan mahasiswa dan dosen pembimbing.

PNJ menghadirkan Veronica Angelina Windy Hapsari (Puteri Indonesia Berbakat 2023) dan Ir Hadjar Seti Adji, M.Eng.,Sc.,M.T. (Direktur HCM PT Wijaya Karya), dan Iqbal Alan Abdullah, SST., M.SC., CMMC. (Pelopor PT Royalindo Expoduta dan Pelopor Prodi MICE).

Baca juga: Dosen PNJ membuat inovasi genteng tahan gempa dari limbah plastik

Baca juga: Industri sebut lebih percaya lulusan miliki sertifikat kompetensi


Dalam acara ini juga menghadirkan tokoh inspiratif yang juga alumni Politeknik Negeri Jakarta, yaitu Gideon Tulus (content creator) dan Malvin Pradipta Irianto (digital creator) yang memberikan pengalaman dan ilmu mengenai pemanfaatan media sosial untuk branding image kepada mahasiswa PNJ.

Acara ini juga dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari siswa SMA/SMK, praktisi industri, hingga masyarakat umum yang tertarik dengan inovasi teknologi dan pendidikan.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi jembatan antara dunia pendidikan dan industri, sekaligus mendorong terciptanya kolaborasi yang lebih erat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024