Jakarta (ANTARA News) - Juru Bicara Partai Demokrat Ikhsan Modjo menyatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tetap memberikan perhatian penuh kepada masalah bencana alam di Tanah Air.

"Dalam waktu dekat, Presiden SBY sudah berencana mendatangi para pengungsi letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara dan korban banjir bandang di Manado, Sulawesi Utara," kata Ikhsan di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan, sejak minggu lalu Presiden sudah menggelar rapat kabinet terkait bencana alam dan menginstruksikan para menteri terkait, termasuk BNPB, untuk mengambil tindakan cepat.

"Khusus untuk DKI, Presiden bahkan menginstruksikan bantuan langsung APBN Rp50 miliar untuk korban banjir DKI melalui BNPB," jelas Ikhsan.

Ikhsan membantah kritik bahwa presiden lambat menangani bencana dan dianggap tidak mempedulikan korban bencana di Sumatera Utara dan Manado karena sibuk mengurus Partai Demokrat.

"Itu pernyataan tidak benar. Jangan lupa, presiden melakukan kegiatan sebagai Ketum PD hanya di weekend atau hari libur," tegas Ikhsan.

Ikhsan menuturkan, bencana alam yang dihadapi di Indonesia juga dialami belahan dunia lain, seperti gelombang panas di Australia, angin topan di beberapa negara Asia tenggara, serta cuaca dingin ekstrem di Amerika Serikat.

"Dalam kondisi alam seperti ini, saatnya untuk semua komponen bangsa bekerjasama, berkontribusi, dan turun langsung mengantisipasi dan membantu koran bencana. Bukannya saling menyalahkan dan mempolitisasi isu bencana alam," tutup Ikhsan.


Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014