Jakarta (ANTARA) - Anggota Tim Pengawas Haji (Timwas Haji) DPR RI, Wisnu Wijaya Adi Putra, mengungkapkan sejumlah temuan penting terkait kondisi kesehatan jemaah haji Indonesia asal Jepara dan Kudus. Dalam inspeksi yang dilakukan di sektor 4 pemondokan jemaah haji Indonesia. Wisnu menyatakan bahwa beberapa jemaah mengalami masalah kesehatan, terutama batuk dan pilek.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah bisa ketemu langsung dengan jemaah haji asal Jepara dan Kudus di sektor 4 ini. Beberapa jemaah tadi sakit dan kebanyakan batuk dan pilek,” ujar Wisnu, di Mekkah, Arab Saudi, Selasa (11/06/2024).

Selain itu, ditemukan tiga jemaah yang tidak dapat berjalan, yang sudah dikontak ke pihak kesehatan untuk disiapkan safari wukuf, mobil khusus yang akan membantu mereka menjalankan wukuf di Arafah.

Wisnu juga menyoroti masalah asupan makanan yang diberikan kepada jemaah. Banyak jemaah yang mengalami sembelit akibat kurangnya sayuran dalam menu makan mereka. 

“Kami sudah potret untuk makanannya, banyak yang sembelit, susah buang air besar. Mohon untuk tim catering memberikan cukup sayuran,” ujarnya.

Dia menekankan pentingnya penambahan sayuran dalam menu makanan jemaah agar kesehatan mereka terjaga, terutama menjelang ibadah wukuf yang akan dilaksanakan dalam beberapa hari ke depan. Wisnu berharap pihak terkait segera memperbaiki menu makanan agar para jemaah bisa menjalankan ibadah dengan fit.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024