Kendari (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengadakan operasi katarak dan sunatan massal bagi warga secara gratis dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Bhayangkara, di Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Kendari.

Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Kendari AKBP DR dr Rommy Sebatian saat ditemui di Kendari, Rabu, mengatakan bahwa operasi katarak gratis tersebut diberikan kepada warga lanjut usia atau lansia kurang mampu.

"Ada sebanyak 20 pasien untuk operasi katarak dan 150 orang untuk sunatan masal," kata Rommy Sebatian.

Dia menyebutkan operasi katarak tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan bakti kesehatan yang dilaksanakan dalam rangka HUT Ke-78 Bhayangkara.

Baca juga: Dit Lantas Polda Sultra bagikan 8 ribu paket sembako kepada warga

Selain operasi katarak dan sunatan massal, lanjut dia, Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Sultra juga melaksanakan beberapa kegiatan bakti kesehatan lainnya, seperti pengobatan massal dan penyuluhan kesehatan gratis untuk masyarakat.

"Operasi katarak ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Polda Sultra terhadap kesehatan masyarakat, khususnya lansia kurang mampu yang mengalami katarak," ujar Rommy Sebatian.

Dia mengatakan bahwa untuk kegiatan Rabu ini difokuskan pada dua kegiatan saja, yakni operasi katarak dan sunatan massal untuk warga kurang mampu yang berdomisili Provinsi Sultra.

Baca juga: Brimob Polda Sultra salurkan bantuan air bersih di Konawe Selatan

"Alhamdulillah, kami bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Kami harap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biddokkes Polda Sultra Kombes Pol drg Ignatius Hendra Arfianto mengatakan bahwa dengan pelaksanaan bakti kesehatan itu diharapkan dapat memberikan harapan baru bagi mereka yang membutuhkan, terutamanya untuk meningkatkan lagi derajat kesehatan masyarakat Provinsi Sultra.

"Operasi katarak ini dapat membantu lansia yang mengalami katarak untuk kembali melihat dengan jelas. Hal ini tentu akan meningkatkan kualitas hidup mereka," ujar Ignatius Hendra.

Baca juga: Polda Sultra gelar aksi donor darah bantu ketersediaan stok

Dia menambahkan bahwa layanan operasi katarak gratis tersebut akan dilaksanakan setiap hari hingga kuota yang telah ditentukan terpenuhi.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024