Jakarta (ANTARA) - Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai pusat pemerintahan Indonesia yang baru menyimpan banyak hal menarik yang patut kamu ketahui. Dari rencana pembangunan smart city hingga produk-produk inovatif yang dibuat oleh anak bangsa, IKN tidak hanya menjadi simbol kemajuan, tetapi juga kebanggaan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Yuk, simak 5 fakta menarik yang harus kamu ketahui seputar Ibu Kota Nusantara!

1. Kota Hutan
IKN akan menjadi kota pertama di dunia yang dibangun dengan konsep Kota Hutan atau Forest City. Hanya 25% (dua puluh lima persen) dari area Nusantara yang akan dibangun, sementara 75% (tujuh puluh lima persen) sisanya akan menjadi area hijau atau hutan tropis. Dengan demikian, suhu kota akan menjadi lebih sejuk, sehingga membuat masyarakat lebih nyaman untuk berjalan kaki. Bahkan penerapan konsep Forest City ini sejalan dengan target Pemerintah agar Nusantara dapat mencapai Net Zero di tahun 2045.

2. Pusat Riset dan Inovasi
IKN akan menjadi pusat riset dan inovasi terdepan di Indonesia, dengan fokus pada pengembangan teknologi hijau, ekonomi kreatif, dan ilmu pengetahuan. Berbagai universitas dan lembaga penelitian kelas dunia akan didirikan di kawasan ini. 

3. Infrastruktur 
Kota ini akan menyediakan ruang publik yang ramah dan akses mudah ke berbagai fasilitas. Berbagai infrastruktur dasar sudah dibangun seperti Bendungan Sepaku Semoi, jalan logistik, Istana Kepresidenan, perumahan, rumah sakit hingga gedung-gedung kementerian dan institusi lainnya. Bahkan, pembangunan Istana Kepresidenan di IKN sudah sekitar 80% (delapan puluh persen) rampung, baik untuk bagian interior maupun eksteriornya. 

4. Buatan Anak Bangsa
Dalam pembangunan dan pengembangan wilayah IKN, Vinilon Group sebagai penyedia solusi perpipaan berkualitas buatan Indonesia, dipercaya untuk ikut mendukung pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara melalui sistem Pembangunan Jaringan Distribusi Utama (JDU) dan Jaringan Distribusi Pembagi (JDP) SPAM Sepaku Tahap 1 di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Hal ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan jaringan sistem perpipaan untuk akses air bersih sebagai pendukung perkembangan IKN tersebut. Dengan keterlibatannya dalam pembangunan infrastruktur IKN melalui penyediaan pipa berkualitas yang bebas timbal dan ramah lingkungan serta memiliki ketahanan terhadap korosi, Vinilon Group yang merupakan perusahaan dalam negeri hasil inovasi anak bangsa turut berkontribusi terhadap perkembangan bangsa Indonesia. 

5. Konektivitas Mutakhir
IKN akan didukung oleh infrastruktur transportasi yang canggih dan terintegrasi, termasuk kereta api berkecepatan tinggi, bandara internasional, dan jaringan jalan tol yang menghubungkan ke berbagai daerah di Kalimantan. IKN tidak hanya menjadi pusat pemerintahan, tetapi juga diharapkan menjadi lokomotif ekonomi baru bagi Indonesia. Berbagai peluang usaha dan investasi akan terbuka di sana dalam berbagai sektor, seperti teknologi, manufaktur, dan pariwisata.

Dengan produk-produk buatan anak bangsa, Ibu Kota Nusantara kita yang baru ini akan mengubah wajah Indonesia dan memberikan peluang baru bagi generasi muda di Indonesia. Vinilon dari Indonesia untuk Indonesia. Ingin tahu seputar Vinilon Group, langsung saja cek @Vinilon_Group

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024