Hong Kong (ANTARA) - Kepala Eksekutif Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong John Lee pada Selasa (11/6) mengatakan bahwa Hong Kong bangga karena salah satu warganya terpilih menjadi anggota kru astronaut China batch keempat, seraya menambahkan bahwa dirinya sangat gembira dan antusias dengan kabar baik tersebut.

Ini akan tercatat dalam sejarah sebagai momen pertama kalinya seorang ahli muatan (payload) asal Hong Kong menjadi astronaut, ujar Lee.

Dia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat karena memasukkan kandidat Hong Kong dalam seleksi, yang dianggapnya sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) Hong Kong.

Lee menyebutkan bahwa tim penelitian dan pengembangan (litbang) dari universitas-universitas di Hong Kong telah memberikan bantuan untuk proyek luar angkasa nasional di banyak kesempatan, dan dengan adanya salah satu warga yang memenuhi syarat untuk menjadi astronaut semakin membuktikan kehebatan inovatif dari talenta-talenta iptek di kota tersebut.

Pemerintah SAR Hong Kong akan terus mengambil langkah-langkah untuk membina lebih banyak talenta dan menjadikan Hong Kong sebagai pusat inovasi iptek internasional, imbuhnya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024