Jakarta (ANTARA) -
Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan terobosan dengan membangun sejumlah lumbung sosial guna mengatasi tingginya kasus kusta di Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam rilis yang disiarkan oleh Kementerian Sosial di Jakarta pada Rabu, dirinya berharap pembangunan lumbung sosial tersebut dapat memudahkan para penyintas kusta dalam mendapatkan alat-alat perlengkapan dan kebersihan diri.
 
“Jika Bapak Ibu kesulitan mendapatkan sabun, handuk dan perlengkapan lainnya, silakan datang ke lumbung sosial. Kami sediakan,” kata Risma.

Ia menyebutkan Kementerian Sosial sudah membangun lebih dari 600 lumbung sosial yang tersebar di seluruh tanah air, terutama di daerah rawan bencana.
 
Kali ini, pihaknya membangun lumbung sosial di Kabupaten Barito Kuala dengan prioritas guna mencegah sekaligus mengatasi penyebaran kusta yang kasusnya cukup tinggi.
   
Meskipun bukan yang tertinggi di Kalimantan Selatan, lanjutnya, jumlah penyintas kusta di Kabupaten Barito Kuala tercatat sebanyak 58 orang. Selain itu, ada tercatat pula 281 penyandang disabilitas dan 35 orang penyintas katarak.

Ia menerangkan penyebab tingginya kasus kusta di kabupaten tersebut ialah kebiasaan masyarakat mandi di sungai yang disertai dengan belum adanya kesadaran terkait tidak bolehnya pengidap kusta berbagi handuk dan perlengkapan mandi agar mencegah penularan.
 
“Sekarang Kemensos sudah menyediakan berbagai perlengkapan mandi, perlengkapan tidur, obat-obatan dan berbagai kebutuhan lainnya. Jika perlengkapan Bapak Ibu habis, bisa minta ke lumbung sosial. Jadi tidak boleh campur dengan anggota keluarga lain, supaya tidak tertular," tegasnya
 
Risma menyebutkan lumbung sosial yang dibangun Kementerian Sosial tersebar di tiga lokasi, yaitu Lumbung Sosial Kelurahan Ulu Benteng di Kecamatan Marabahan, kemudian Lumbung Sosial Desa Sungai Pitung di Kecamatan Alalak, serta Lumbung Sosial Desa Teluk Tambah di Kecamatan Tabukan.
 
Ia menambahkan lumbung sosial tersebut nantinya dikelola masyarakat dengan mendapat pemantauan dari puskesmas serta pemerintah desa.
 
Adapun berbagai kebutuhan yang disediakan di dalam lumbung sosial tersebut, meliputi nutrisi, perlengkapan kebersihan diri, alat makan, perlengkapan mandi, pakaian, perlengkapan tidur, masker, disinfektan, serta obat-obatan yang seluruhnya akan selalu terisi penuh untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: Mensos gunakan sepeda motor tinjau penyaluran RST di Batola Kalsel
Baca juga: Mensos Risma terima gelar adat dari Kasepuhan Perdikan Majan

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024