Jakarta (ANTARA) - Kantor Imigrasi Jakarta Pusat meningkatkan kerja sama dengan pihak terkait terutama menyangkut aspek pelayanan publik dan penegakan hukum keimigrasian.

Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Ronald Arman Abdullah saat bertemu Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma di Jakarta pada Rabu.

Sebelumnya, dia telah melakukan serangkaian kunjungan ke berbagai instansi seperti Kejaksaan Negeri, Komando Distrik Militer 0501 dan Kanwil Bea Cukai. 

Selain melakukan perkenalan, kunjungan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dalam berbagai aspek pelayanan publik dan penegakan hukum keimigrasian.

"Salah satunya ada program Desa Binaan. Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk mendekatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat," kata Ronald.

Baca juga: Imigrasi Jakarta Pusat luncurkan paspor polikarbonat

Ronald menjelaskan, program itu rencananya diselenggarakan di setiap kelurahan se-Jakarta Pusat. Program ini merupakan program kolaborasi antara imigrasi dan perangkat desa atau kelurahan.

"Perangkat kelurahan yang menjadi perpanjangan tangan Imigrasi dalam penyampaian informasi tentang keimigrasian pada tingkat kelurahan di Jakarta Pusat," ujar Ronald.

Keberadaan program desa atau kelurahan binaan, kata Ronald, diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan Tindak Pidana Penyelundupan Manusia (TPPM).

"Melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Jakarta Pusat, kami yakin dapat memberikan pelayanan yang lebih efisien dan edukatif, serta meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat," kata Ronald.

Baca juga: Sepanjang 2023, Imigrasi Jakpus terbitkan izin tinggal bagi 16.820 WNA

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat mendukung penuh program keimigrasian di Jakarta Pusat dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum.
 
"Pemkot Jakarta Pusat akan mendukung upaya Kantor Imigrasi dan menegaskan pentingnya kerja sama yang erat antara instansi pemerintah menghadapi tantangan keimigrasian yang semakin kompleks," kata Dhany.
 
Kunjungan tersebut selain memperkuat sinergi dan kolaborasi, juga dalam rangka memperkenalkan pimpinan baru Kantor Imigrasi Jakarta Pusat yang baru dilantik pada Kamis (30/5) lalu.
 
Dhany berharap kerja sama yang selama ini sudah terjalin agar semakin kuat demi tercapainya kesadaran hukum khususnya di masyarakat Jakarta Pusat.
 
"Selama ini kerja sama yang terjalin sudah sangat baik. Ke depan kami berharap sinergi yang terjalin lebih erat dan hasilnya maksimal," ujar Dhany.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024