Jakarta (ANTARA) - Schneider Electric, perusahaan transformasi digital dalam pengelolaan energi dan otomasi, berkomitmen untuk terus mendukung kesetaraan gender dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) perusahaan.

"Dukungan terhadap kesetaraan gender, pengembangan kapabilitas karyawan, dan regenerasi kepemimpinan terus menjadi prioritas kami sebagai bagian dalam pengembangan sumber daya manusia," ujar Human Resources Director Schneider Electric Indonesia & Timor-Leste Sondang Saktion dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Manajemen lanjutnya, memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi wanita untuk berkarier dan menjadi pemimpin di perusahaan; serta memberikan dukungan penuh bagi generasi muda di perusahaan untuk mengambil kesempatan dan mengeluarkan potensi terbaik mereka.

Dia menambahkan, komitmen perusahaan terhadap inklusivitas dan pemberdayaan perempuan juga tercermin pada jumlah karyawan wanita yang bekerja di jajaran kepemimpinan.

"Sejak 2020, jumlah pemimpin wanita kian meningkat dari 21 persen hingga hampir menyentuh angka 40 persen pada akhir 2023," kata Sondang.
Baca juga: Schneider Electric dan 15 politeknik kerja sama kembangkan SDM energi

Hal itu, katanya lagi, turut diimbangi oleh persentase tingkat engagement karyawan wanita dari seluruh Indonesia yang mencatatkan nilai tertingginya di angka 95 persen pada 2023.

Salah satu program yang menunjang pencapaian tersebut adalah melalui komunitas “Women in Schneider Electric”, sebuah wadah internal untuk saling bertukar pengalaman, inspirasi, belajar serta mendiskusikan berbagai isu yang tengah menjadi perhatian mulai dari karier, Kesehatan mental, role model, wellbeing, hingga keseimbangan kerja.

Terkait dukungan terhadap kesetaraan gender, belum lama ini perusahaan tersebut kembali memperoleh penghargaan ‘Best Companies to Work For in Asia 2024 ’ dari HR Asia setelah pertama kali meraih penghargaan yang sama pada 2023.

Menurut Digital Sales Director Schneider Electric Indonesia Donald Situmorang, penghargaan tersebut menjadi pembuktian atas komitmen dan kepemimpinan perusahaan dalam keragaman, kesetaraan, inklusivitas, pengembangan dan perhatian kepada karyawan sekaligus inisiator praktik keberlanjutan.

"Kami memastikan setiap karyawan untuk mendapatkan kesempatan yang setara, menghargai keunikan setiap individu, dan mendorong mereka untuk mengeluarkan potensi terbaiknya," ujarnya saat mewakili perusahaan untuk menerima penghargaan tersebut.

HR Asia Awards merupakan salah satu penghargaan HR (human resources) yang diselenggarakan oleh Business Media Internasional yang menjadi ajang apresiasi kepada perusahaan-perusahaan di Asia yang menerapkan pengembangan sumber daya manusia terbaik, serta lingkungan kerja yang menunjukkan tingkat keterlibatan karyawan yang tinggi dan budaya kerja unggul.
Baca juga: Schneider serahkan panel listrik dan alat uji elektrikal ke UNS
Baca juga: Scheneider ajak kaum muda tingkatkan kesadaran sosial dan lingkungan

Pewarta: Subagyo
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024