Biak (ANTARA) - PKapolda Papua Irjen Pol Matriks D Fakhiri mengatakan, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum Polda Papua masih sangat kondusif menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak (Pilkada) 27 November 2024.

"Saya harapkan semua komponen masyarakat di Kabupaten/kota di Tanah Papua untuk bersama-sama menjaga daerah tetap aman dan damai selama tahapan pilkada serentak yang sedang berlangsung," ujar Kapolda Irjen Pol Fakhiri pada tabligh akbar Safari pilkada damai di Kabupaten Biak Numfor, Kamis.

Baca juga: Satgas Damai Cartenz gelar razia guna jaga kamtibmas di Paniai

Ia mengatakan, pengalaman dan catatan dari pilkada di Tanah Papua masih sangat rentan terjadi ancaman kamtibmas. Bahkan, pernah menimbulkan korban nyawa dari kalangan masyarakat setempat.

Untuk itulah pada Pilkada serentak 2024, menurut Kapolda Irjen Fakhiri, semua warga di Tanah Papua turut berperan menjaga kamtibmas dan bersama-sama menyukseskan tahapan pemilihan kepala daerah Gubernur, Bupati dan Wali Kota pada 27 November 2024 secara damai dan demokratis.

"Melalui tabligh akbar yang diadakan Polda Papua di Kabupaten Biak Numfor, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan menjaga semangat persatuan dan Kesatuan mendukung tahapan Pilkada Damai 2024," kata Kapolda Irjen Fakhiri.

Baca juga: Tokoh adat di Papua Barat Daya imbau masyarakat jaga kamtibmas

Sementara itu, Pelaksana tugas Sekretaris Daerah ZL Mailoa mengingatkan masyarakat Kabupaten Biak Numfor untuk mendukung suksesnya tahapan pilkada berlangsung.

"Sekalipun warga Biak Numfor berbeda dalam pilihan, tetapi senantiasa hendaknya selalu menjaga persatuan dan persaudaraan selama proses Pilkada Biak berlangsung," pesan Plt Sekda Mailoa.

Baca juga: Polres Jayapura nyatakan kondisi Kamtibmas kondusif pada 1 Mei

Pada tabligh Akbar Safari Pilkada Damai di Tanah Papua dipusatkan di Masjid Agung Baiturahman Biak dengan menghadirkan dua tokoh ulama dari Banten Habib Muhammad Syafiq dan Habib Alwi Bin Ahmad.

Sebelumnya, Kapolda Irjen Pol Mathius Fakhiri menyerahkan tiga hewan kurban sapi kepada pihak Masjid Agung Baiturahman, Masjid Alhafizd Polis Biak dan Masjid Polres Supiori pada Kamis pagi (13/6).

Sedangkan pada acara terpisah safari pilkada damai Kapolda Irjen Fakhiri di Biak juga melakukan acara Kebangkitan Kebangunan Rohani (KKR) bagi umat Kristiani.

Baca juga: Tokoh Adat Tabi harap masyarakat jaga kamtibmas Papua jelang pilkada
Baca juga: KSOP imbau aparat keamanan jaga kamtibmas di Pelabuhan Jayapura
Baca juga: Kapolda Papua sebut Kamtibmas relatif aman usai pemungutan suara

Pewarta: Muhsidin
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2024