Jakarta (ANTARA) - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama pengelola Liga Indonesia melakukan penyelarasan jadwal agar tidak berbenturan antara pertandingan berlangsung di liga dengan yang dijalani timnas Indonesia.

"PSSI dan pengelola Liga Indonesia melakukan rapat bersama untuk memastikan jadwal Timnas Indonesia dan liga bisa berjalan bersama hingga 2027," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir melalui akun instagram pribadi: @erickthohir yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, penyelarasan jadwal pertandingan merupakan aspek yang sangat penting karena timnas akan menghadapi 10 pertandingan pada babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Skuad garuda akan kembali melakoni laga pada tanggal 5 dan tanggal 10 September 2024, tanggal 10 dan tanggal 15 Oktober 2024, tanggal 14 dan tanggal 19 November 2024.

Selanjutnya, pada tahun 2025, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong akan bertanding pada tanggal 20 dan 25 Maret serta tanggal 5 dan tanggal 10 Juni.

Drawing untuk penentuan grup babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dilakukan pada 27 Juni 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Baca juga: Erick pastikan jadwal Liga Indonesia beri kelonggaran persiapan timnas

Sebelumnya, Erick mengatakan, PSSI menginginkan agar timnas selalu menjalani persiapan yang matang sebelum melakoni setiap pertandingan sehingga ia meminta pengelola liga untuk menyesuaikan jadwal.

Ia mengatakan, para pemain timnas harus berkumpul minimal tiga atau empat hari sebelum menjalani setiap pertandingan.

"Tidak langsung satu, dua hari berkumpul langsung bertanding, karena ini (pertandingan timnas) kan kelasnya lebih tinggi lagi dan pengelola liga menyanggupi," katanya.

Ia menambahkan, skuad Garuda akan menjalani laga yang tidak mudah pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2023 karena bersama-sama dengan 17 negara lain di Asia dengan kekuatan timnas yang besar.

Oleh sebab itu, kata dia, berbagai hal terkait persiapan harus dilakukan seoptimal mungkin agar para pemain timnas bisa bertanding dengan penuh percaya diri menuju target untuk tampil pada Piala Dunia 2026.

Baca juga: Erick Thohir: Mudah-mudahan kita diberi kesempatan ke Piala Dunia 2026

Baca juga: PSSI pastikan ada pemain U-20 jadi pelapis timnas senior

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2024