Bekasi (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, memperoleh bantuan dana Rp300 juta dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bagi penanggulangan masalah banjir.

"BNPB Jabar menyerahkan bantuan uang senilai Rp300 juta berupa cek untuk membantu para korban banjir," kata Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Rayendra Sukarmadji di Bekasi, Selasa.

Menurutnya, bantuan tersebut akan dialokasikan untuk kebutuhan posko penanggulangan banjir, kesekretariatan posko banjir, dapur umum, hingga obat-obatan.

"Nanti akan kita data kebutuhan apa saja yang mendesak untuk direalisasikan," katanya.

Dikatakan Rayendra, bantuan dari berbagai kalangan terus berdatangan ke posko banjir Kota Bekasi di Pendopo Pemkot Bekasi, Jalan Ahmad Yani Nomor 1, Bekasi Selatan.

Bantuan tersebut ada yang datang dari perwakilan masyarakat, pelajar, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), instansi pemerintah, dan lainnya.

"Untuk keterangan secara detail telah kami umumkan melalui website http://www.bekasikota.go.id," katanya.

Dikatakan Rayendra, penanggulangan banjir di wilayah setempat pun telah diperingan dengan adanya penetapan status Kejadian Luar Biasa (KLB).

"Dengan adanya KLB ini, tanggung jawab kita menjadi lebih ringan karena alokasi dana darurat sebesar Rp4 miliar dalam APBD 2014 bisa segera diserap," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2014