Jakarta (ANTARA) - Pesenam putri Indonesia Rifda Irfanaluthfi mengatakan dirinya semakin percaya diri menjelang tampil di Olimpiade Paris 2024.

Kepercayaan diri itu muncul menyusul Rifda yang akan menjalani pemusatan latihan terlebih dahulu di Heereveen, Belanda.

Rencananya, Rifda akan bertolak ke Belanda pada Sabtu (15/6) pagi bersama dengan sang pelatih, Eva Novalia, sambil terus memulihkan kondisi cedera lututnya. Setelah dari Belanda, keduanya akan langsung menuju Paris untuk tampil di Olimpiade 2024.

“Kondisinya saat ini terasa sekali sangat ada peningkatan. Sekarang sudah lebih pede (percaya diri) lagi. Alhamdulillah lututnya sekarang jauh lebih baik, jauh lebih siap secara fisik dan mental,” kata Rifda, dikutip dari keterangan resmi Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Kamis.

“Alhamdulillah sekarang sudah didampingi oleh fisioterapis yang benar-benar menempel bersama saya selama training camp di Belanda,” ujarnya menambahkan.


Baca juga: Rifda lanjutkan latihan di Belanda fokus matangkan persiapan Olimpiade

Belanda pun menjadi pilihan pemusatan latihan karena menurut Rifda dari sisi adaptasi cuaca akan lebih mudah. Selain itu, alat-alat latihannya disebut sangat bagus serta, aman dan nyaman, serta lokasinya cukup dekat dengan Paris.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) Ita Yuliati, memastikan kondisi Rifda saat ini sudah siap untuk ke Olimpiade Paris 2024.

“Saya sangat bangga, Alhamdulillah sekarang Rifda sudah betul-betul mantap ke Olimpiade. Saya bersyukur sekali, i’m very proud of her,” ujar Ita.

Di sisi lain, Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari mengungkapkan keyakinannya pada Rifda. Terlebih, pesenam berusia 24 tahun itu merupakan atlet Indonesia pertama yang tampil di Olimpiade dari cabang olahraga senam.

“Ini momentum penting, karena Rifda orang Indonesia pertama yang berangkat ke Olimpiade dari cabang olahraga gymnastic. Soal kepercayaan diri, saya sangat yakin sekali sama Rifda,” kata Okto.

“Kalau kemarin waktu cedera mungkin sakit, tapi ternyata makin dekat ke Olimpiade, sakitnya makin cepat hilang. Nanti di Olimpiade sudah hilang sama sekali sakitnya. Kenapa? Karena mindset-nya Rifda itu mindset juara, dan mindset juara itu hanya memikirkan memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” imbuhnya.

Ia menambahkan bahwa seluruh pihak terkait memiliki keyakinan kepada Rifda agar bisa tampil maksimal di panggung olahraga terbesar di dunia tersebut.

“Kita semua percaya ada Rifda ada Kak Ita, Ketua PB Persani yang akan memberikan warna terhadap Olimpiade Paris ini. Bukan hanya untuk Olimpiade Paris, tapi untuk Olimpiade-Olimpiade selanjutnya, dan perkembangan gymnastic secara keseluruhan,” tutup Okto.


Baca juga: Persani: Rifda percaya diri hadapi Olimpiade setelah pulih dari cedera

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024