Tokyo (ANTARA) - Bank Dunia menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Jepang untuk 2024 dari 0,9 persen menjadi 0,7 persen, serta menaikkan proyeksi pertumbuhan global untuk tahun tersebut dari 2,4 persen menjadi 2,6 persen, lapor media lokal Jepang.

Proyeksi pertumbuhan Jepang turun 0,2 poin persentase dari perkiraan sebelumnya pada Januari lalu akibat lesunya pertumbuhan konsumsi dan melambatnya ekspor, serta terhentinya pertumbuhan permintaan dari wisatawan asing, kata Jiji Press pada Selasa (11/6), mengutip laporan Prospek Ekonomi Global terbaru dari Bank Dunia.

 Pertumbuhan ekonomi Jepang pada 2025 diproyeksikan meningkat menjadi 1,0 persen, karena konsumsi diperkirakan meningkat secara moderat, imbuh laporan Jiji Pres.

Sementara itu, ekonomi global akan menghindari penurunan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) riil untuk ketiga kalinya secara berturut-turut sejak lonjakan besar pascapandemi pada 2021, dengan pertumbuhan pada 2024 stabil di angka 2,6 persen, tidak berubah dari 2023, ungkap laporan tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024