Jakarta (ANTARA) - Kapal perang Indonesia KRI R. E. Martadinata-331 sandar di Guam untuk mengisi ulang perbekalan dan mengikuti rangkaian pembekalan sebelum lanjut berlayar ke Hawaii, Amerika Serikat, untuk Latihan Bersama Rim of Pacific (Latma Rimpac) 2024.

Kapal perang dari Komando Armada II TNI Angkatan Laut itu tiba di Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat T3 Naval Base, Guam, sejak Selasa (11/6) dan selang beberapa hari lanjut mengikuti rangkaian pembekalan di antaranya Presail Conference Multinational Group Sail (MNGS) di Markas Angkatan Laut AS di Guam, Kamis.

Dalam rapat itu, delegasi Indonesia dipimpin oleh Komandan KRI R. E. Martadinata-331 yang juga bertugas sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Latma Rimpac 2024 Kolonel Laut (P) Adam Tjahja S. didampingi tujuh perwira pelaut dari KRI REM-331.

Dalam siaran resmi Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut yang dikonfirmasi di Jakarta, rapat itu membahas di antaranya rencana latihan terutama selama fase laut. Beberapa materi latihan yang bakal diikuti KRI REM-331 bersama kapal-kapal perang AS dan negara-negara peserta lainnya mencakup latihan formasi untuk publikasi (PubEx) dan foto udara (PhotoEx), kemudian latihan evakuasi medis, latihan simulasi pertahanan dari serangan udara, dan ScreenEx.

Tidak hanya itu, di perairan Hawaii, KRI R. E. Martadinata juga akan berlatih mengisi perbekalan di tengah laut (RAS) bersama kapal perang AS USS Pecos. Latihan itu berlangsung sebelum KRI REM sandar di Hawaii.
Komandan KRI R. E. Martadinata-331 sekaligus Komandan Satgas Latma Rimpac 2024 Kolonel Laut (P) Adam Tjahja S. (tengah) mengikuti rapat pralatihan Latma Rimpac 2024 di Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Guam, Kamis (13/6/2024). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut.


Dalam rangkaian Latma Rimpac 2024, kapal perang TNI AL itu akan berlatih formasi dan manuver bersama sejumlah kapal perang dari negara lainnya, antara lain Korea Selatan (ROKN), Brunei Darussalam (TLDB), Singapura (RSN), dan Malaysia (TLDM).

KRI REM-331 berlayar dari Jakarta menuju Hawaii sejak 31 Mei 2024 dengan rute Surabaya-Bitung-Guam-Hawaii. Di perairan internasional selepas meninggalkan Bitung, KRI REM-331 juga sempat berlatih dengan dua kapal perang Brunei Darussalam, yaitu KDB Darussalam-06 dan KDB Darulaman-08. Dua kapal itu juga dalam pelayaran menuju Hawaii untuk mengikuti Latma Rimpac 2024.

KRI REM-331 dan dua kapal Brunei itu berlatih komunikasi menggunakan isyarat bendera (flaghoist), membentuk formasi tabir di laut (ScreenEx), dan sailpast di Laut Filipina sampai Laut Mariana. TNI AL dan Angkatan Laut Brunei Darussalam tergabung dalam Southeast Asia Group Sail untuk Latma Rimpac 2024.
Pengawak KRI R. E. Martadinata-331 mengibarkan bendera Merah Putih saat kapal sandar di Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Guam, Selasa (11/6/2024). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut.


Latma Rimpac merupakan latihan yang rutin digelar tiap 2 tahun sekali oleh Komando Armada Indo-Pasifik Angkatan Laut AS. Untuk Latma Rimpac 2024, ada 29 negara peserta, yaitu AS sebagai tuan rumah, Indonesia, Australia, Belgia, Brasil, Brunei Darussalam, Kanada, Chile, Kolombia, Denmark, Ekuador, dan Perancis.

Kemudian ada Jerman, India, Italia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Peru, Korea Selatan, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Tonga, Inggris, dan Israel.

Latihan itu melibatkan 40 kapal perang permukaan, tiga kapal selam, pasukan Marinir dari 14 negara, 150 pesawat, dan total 25.000 lebih prajurit.

Baca juga: Marinir siapkan pasukan untuk Latma Rimpac 2024 di Hawaii

Baca juga: KRI R. E. Martadinata berlayar ke Hawaii ikut Latma Rimpac 2024

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024