Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Tim bola voli putri Jakarta Pertamina Enduro melibas Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia dengan skor 3-0 (25-18, 25-15, 26-24) dalam PLN Mobile Proliga 2024 seri ketiga putaran kedua yang digelar di Kota Malang, Jawa Timur.

Pelatih Jakarta Pertamina Enduro Eko Waluyo di Kota Malang, Kamis mengatakan bahwa kemenangan atas Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia tersebut merupakan hasil dari jerih payah para pemain yang mampu menerapkan strategi sesuai dengan hasil latihan.

“Ini sesuai dengan apa yang kita harapkan, baik strategi pertahanan maupun menyerang, berjalan dengan baik sesuai latihan,” kata Eko.

Eko menjelaskan, pada set ketiga sempat terjadi penurunan performa salah satu pemain. Dengan kondisi tersebut, ia memutuskan untuk melakukan pergantian pemain. Strategi mengganti pemain tersebut dinilai berjalan dengan baik dan akhirnya Jakarta Pertamina Enduro mengunci kemenangan pada set ketiga.

Menurutnya, pada laga selanjutnya melawan Jakarta Livin’ Mandiri, anak asuhnya diharapkan mampu fokus terutama pada saat servis. Dalam laga yang akan digelar pada Minggu (16/6) tersebut, Jakarta Pertamina Enduro akan tampil menyerang.

“Set ketiga akhirnya bisa kita ambil. Strategi yang kita harapkan itu bisa berjalan dengan baik. Untuk laga berikutnya kita akan menghadapi Jakarta Livin’ Mandiri. Kita harus fokus terutama untuk servis, dan tampil menyerang,” katanya.

Baca juga: Jakarta BIN kalahkan Bandung BJB 3-1

Sementara Pelatih Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia Risco Herlambang mengatakan bahwa dalam pertandingan melawan Jakarta Pertamina Enduro, permainan anak asuhnya jauh berbeda dibanding saat melakoni seri di Bandung.

“Saya juga bingung kenapa permainan seperti itu. Ini berbeda dengan pertandingan di Bandung,” katanya.

Ia menambahkan, salah satu kendala yang dihadapi tim tersebut pada Seri Malang kali ini adalah persoalan mentalitas pemain. Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, lanjutnya, memang sudah tidak memiliki kesempatan untuk berlaga pada babak empat besar.

Namun, lanjutnya, para pemain seharusnya mampu memberikan penampilan terbaik dan bermain lepas untuk meraih kemenangan. Ia berharap, permainan anak asuhnya di Seri Pontianak bisa membaik dan mengantongi kemenangan.

“Hal yang saya takutkan soal mental, karena memang kita sudah terhenti dan tidak masuk babak empat besar. Sekarang cari kemenangan untuk sisa pertandingan baik di Malang maupun Pontianak. Main bagus saja. Tapi hari ini saya tidak menyangka, serba salah saja,” katanya.

Pada PLN Mobile Proliga 2024 di Kota Malang, akan diikuti tujuh tim putra yakni Jakarta LavAni Allo Bank Electric, Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta STIN BIN, Jakarta Pertamina Pertamax, Kudus Sukun Badak,Palembang Bank Sumsel Babel dan Jakarta Garuda Jaya.

Sementara untuk tim putri yang akan berlaga adalah Bandung BJB Tandamata, Jakarta Pertamina Enduro, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Elektrik PLN Putri, Jakarta BIN, Jakarta Popsivo Polwan dan Jakarta Livin' Mandiri.

Baca juga: Klasemen Proliga 2024: Jakarta Popsivo Polwan melangkah ke final four

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024