Bandung (ANTARA) - Institut Teknologi Bandung (ITB) mengungkapkan telah menerima 1.752 calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024, yang sudah bisa diakses mulai Kamis petang tadi.

"Pengumuman kelulusan tersebut dapat diakses mulai hari Kamis, 13 Juni 2024 pukul 15.00 WIB, melalui laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau https://snbp.itb.ac.id ," kata Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Naomi Haswanto dalam keterangan di Bandung, Kamis.

Calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui SNBT tersebut, dijelaskan Naomi, merupakan peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diadakan di berbagai lokasi di seluruh Indonesia, pada gelombang 1 yang dilaksanakan 30 April dan 2-7 Mei 2024 dan di gelombang 2 pada 14-20 Mei 2024.

Ada pun total peminat yang memilih ITB pada UTBK 2024 adalah 24.343 orang, dan di antara 1.752 calon mahasiswa yang diterima di ITB tersebut, terdapat juga calon mahasiswa yang merupakan calon penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Baca juga: Kemendikbudristek: 28.415 peserta lolos SNBT PTN Vokasi

Kegiatan pendaftaran ulang mahasiswa baru ITB, kata Naomi, bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNBT 2024 di ITB akan dilaksanakan pada tanggal 18-22 Juni 2024 secara daring.

Dengan informasi mengenai pelaksanaan dan persyaratan pendaftaran ulang mahasiswa baru ITB tersebut, dapat diperoleh pada laman https://admission.itb.ac.id/info/hasil-seleksi/ .

"Calon mahasiswa ITB lulusan SNBT 2024 diharapkan untuk memperhatikan secara seksama, informasi mengenai tata cara dan persyaratan pendaftaran ulang mahasiswa baru di laman tersebut," ujarnya.

Selain melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), ITB juga menyelenggarakan program penerimaan mahasiswa baru secara mandiri, melalui program Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dan ITB International Undergraduate Program (ITB IUP).

"Kedua sistem seleksi tersebut, ditujukan bagi calon mahasiswa yang belum diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) pada pelaksanaan SNBP dan SNBT, agar masih dapat memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru," katanya.

Masa pendaftaran peserta SM-ITB 2024 sedang berlangsung, mulai tanggal 24 Mei-18 Juni 2024. Informasi mengenai pelaksanaan pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2024 dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri.

Terkait penerimaan mahasiswa program sarjana melalui Program Sarjana-Internasional, atau ITB IUP, ditujukan bagi calon mahasiswa program sarjana yang ingin menempuh pendidikan tinggi dengan pengalaman Internasionalisasi, serta ditawarkan baik bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia maupun bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan asing.

Pendaftaran calon peserta ITB IUP, diinformasikan, saat ini telah memasuki gelombang ke-2, pada tanggal 30 April-23 Juni 2024. Informasi mengenai program ITB IUP dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/international/undergraduate.

ITB menerangkan bahwa seluruh mahasiswa baru Program Sarjana ITB Tahun Akademik (TA) 2024/2025 dari seluruh jalur seleksi penerimaan mahasiswa, akan melaksanakan pendidikan tahun pertamanya di ITB Kampus Jatinangor.

"Oleh karena itu, ITB mengimbau agar seluruh calon mahasiswa yang akan atau telah melakukan proses pendaftaran ulang mahasiswa baru, serta akan mempersiapkan tempat tinggal, dapat selalu mengikuti berita-berita terkini melalui laman https://akademik.itb.ac.id, serta melalui Instagram @akademikitb atau @itb1920," tutur Naomi.

Baca juga: Kemendikbudrkistek: 190.444 peserta lolos SNBT PTN Akademik

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024