Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin, Kamis (13/6), menjadi sorotan di antaranya Anies Baswedan yang mengucapkan terima kasih telah diberi rekomendasi oleh DPW PKB Jakarta sebagai bakal calon Gubernur Jakarta, hingga Sekretariat Negara (Setneg) telah menerima draf Rancangan Undang-Undang (RUU) TNI dan RUU Polri.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. Anies Baswedan: Terima kasih amanah PKB

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan terima kasih untuk amanah DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jakarta, yang merekomendasikan dia sebagai bakal calon Gubernur Jakarta untuk Pilkada 2024.

“Saya sampaikan rasa hormat, terima kasih atas amanat yang diembankan kepada kami untuk Jakarta lima tahun ke depan,” katanya saat menyambangi Kantor DPW PKB DKI Jakarta, Kamis.

Dia menegaskan siap menerima amanah untuk kembali dicalonkan sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2024-2029.

Baca selengkapnya di sini.


2. Bawaslu sebut ada potensi gesekan dalam tahapan pilkada

Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty menilai seluruh tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) rawan lantaran berpotensi terjadinya gesekan.

“Misalnya dengan calon potensial yang akan maju, tetapi kami menyatakan bahwa konflik sangat dekat, konfliknya dengan lingkungan terdekat. Masyarakat akan memilih pemimpin terbaiknya di daerah yang dekat dengan kehidupan mereka, sehingga ini juga menyatakan tidak hanya konflik elite, tetapi juga konflik di daerah itu,” kata Lolly dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, definisi undang-undang, pemilu dan pemilihan itu masih terdapat perbedaan. Dirinya mencontohkan jika masyarakat bisa bicara soal dilarang menghina seseorang berdasarkan agama, suku, ras, untuk calon gubernur, bupati, dan wali kota dalam Undang-Undang Pemilu.

Baca selengkapnya di sini.


3. RI siap kirim dokter untuk operasikan RS lapangan di Gaza

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyatakan Indonesia siap mengirimkan dokter dan perawat untuk mengoperasikan rumah sakit lapangan di Gaza untuk membantu masyarakat Palestina yang terluka di sana.

Hal itu disampaikan Prabowo saat menghadiri KTT Tanggap Darurat Gaza di Jordania beberapa waktu lalu, sebagaimana diungkapkan Prabowo dalam keterangannya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis sore, usai bertemu Presiden Joko Widodo.

"Kami juga waktu itu (saat menghadiri KTT di Jordania) menyampaikan Indonesia siap mengirim tenaga dokter dan perawat untuk mengoperasikan rumah sakit lapangan di kawasan Gaza,” kata Prabowo usai melapor ke Jokowi di Jakarta.

Baca selengkapnya di sini.


4. Bambang Susantono diangkat jadi Utusan Khusus Presiden kerja sama IKN

Presiden Joko Widodo mengangkat Bambang Susantono sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Kerja Sama Internasional Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Penugasan Presiden untuk Bambang Susantono yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 39/M Tahun 2024 yang ditandatangani pada 11 Juni 2024.

"Pada tanggal 11 Juni 2024, Presiden telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 39/M Tahun 2024, tentang pengangkatan Bp. Bambang Susantono sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Kerja Sama Internasional Pembangunan Ibu Kota Nusantara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam pesan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini.


5. Setneg terima draf revisi UU TNI dan Polri untuk dikaji lebih lanjut

Staf Khusus Presiden RI Bidang Hukum Dini Purwono mengungkapkan bahwa Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah menerima draf revisi Undang-Undang (UU) TNI dan Polri.

"Betul, RUU terkait sudah diterima oleh Setneg pada hari Jumat (7/6)," kata Dini lewat pesan singkat di Jakarta, Kamis.

Dini mengatakan bahwa draf revisi UU TNI dan Polri itu saat ini dalam tahap penelaahan untuk proses selanjutnya.

Baca selengkapnya di sini.
 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2024