Jakarta (ANTARA) - Juru bicara Wakil Presiden (Wapres) Masduki Baidlowi mengatakan Wapres Ma'ruf Amin dijadwalkan menunaikan Shalat Idul Adha 1445 Hijriah pada Senin 17 Juni 2024 mendatang di Masjid Istiqlal Jakarta.

"Wapres Insya Allah Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal," kata Masduki dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Mengenai sapi kurban dari Wapres, Masduki mengatakan akan ada satu sapi jantan yang secara simbolik diserahkan ke Masjid Istiqlal. Selain itu ada sejumlah sapi yang juga akan disebar ke masyarakat di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

"Jumlahnya tak jauh beda dengan sapi kurban milik Presiden," ujarnya.

Baca juga: Wapres serahkan sapi kurban kepada panitia Idul Adha Masjid Istiqlal

Diberitakan sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan bantuan hewan kurban berupa sapi bagi setiap provinsi di Indonesia, termasuk di Ibu Kota Nusantara (IKN), dalam rangka menyambut Idul Adha 1445 Hijriah yang jatuh pada 17 Juni mendatang.

Berdasarkan keterangan Sekretariat Presiden RI, Presiden Jokowi akan menyalurkan 68 sapi kurban ke pemerintah di 38 provinsi, satu untuk Otorita IKN, satu untuk masjid tempat Presiden melaksanakan Shalat Idul Adha, satu sapi untuk Masjid Istiqlal.

Selain itu Presiden Jokowi juga akan memberikan 27 sapi untuk tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di Kalimantan Timur, serta masjid dan pondok pesantren di dekat kawasan IKN.

Baca juga: Presiden Jokowi berkurban tujuh ekor sapi di Solo

“Jumlahnya adalah semua provinsi mendapatkan satu, termasuk OIKN satu, dan beberapa arahan khusus Bapak Presiden,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Presiden Jokowi disebut akan melaksanakan Shalat Idul Adha di tempat terdekat dari kunjungan kerja terakhirnya nanti. Karena dalam waktu dekat Presiden akan kembali mengunjungi berbagai daerah untuk kunjungan kerja.

Baca juga: Presiden Jokowi kurban sapi untuk setiap provinsi termasuk IKN

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024