Kendari (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli sapi warga Kabupaten Kolaka Timur seharga Rp85 juta untuk dikurbankan di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra Asrun Lio saat ditemui di Kendari, Jumat, mengatakan sapi yang dibeli Presiden Jokowi merupakan milik peternak dari Kabupaten Kolaka Timur bernama Jusman, dengan berat kira-kira satu ton.

"Sapi berjenis Simental tersebut nantinya akan dijadikan hewan kurban Presiden Jokowi yang akan dibagikan kepada warga Sultra pada Hari Raya Idul Adha 2024," kata Asrun Lio.

Baca juga: Presiden Jokowi kurban sapi untuk setiap provinsi termasuk IKN

Pihaknya baru saja menggelar rapat koordinasi dengan Tim Kepresidenan yang dipimpin oleh Kepala Sekretariat Presiden terkait dengan bantuan sapi kurban dari Presiden.

Asrun Lio menjelaskan dari empat nominasi sapi yang diteliti oleh Tim Kepresidenan terdapat beberapa aspek yang dinilai, mulai dari segi kesehatan hingga berat sapi tersebut. Akhirnya sapi bantuan Presiden Jokowi ditetapkan dari daerah Kolaka Timur. 

"Harganya Rp 85 juta dan sudah dibayar oleh Presiden," jelas Asrun Lio.

Dia juga menambahkan Sapi Simental tersebut nantinya akan disembelih di Masjid Raya Al Kautsar Kendari pada Hari Raya Idul Adha 2024.

"Sapi itu nanti satu hari sebelum hari H akan dibawa ke masjid yang ditetapkan untuk pemotongan sapi bantuan Presiden yakni Masjid Raya Al Kautsar Kendari," ucapnya. 

Baca juga: Presiden Jokowi kurban satu ekor sapi di Sultra pada Idul Adha 1445 H

 

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024