Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan progres pembangunan lapangan upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, sudah mencapai 70 persen.

Kementerian PUPR menargetkan pembangunan lapangan upacara tersebut rampung pada Juli 2024.

"Kalau lapangan upacara sudah tinggi ya, sudah 70 persenan. Ini kan lapangan upacara, sudah kemudian kita interior, mudah-mudahan nanti di Juli, insya Allah kita siap," kata Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Ia juga mengatakan pada 1 Agustus 2024 akan ada kegiatan zikir nasional yang digelar di lapangan upacara IKN.

"Tanggal 1 (Agustus) ada zikir nasional juga," ungkap Diana.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa lapangan upacara IKN dapat menampung sekitar 4.000 orang.

Namun, ia tidak mengetahui berapa jumlah peserta yang akan hadir pada upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 karena masalah undangan merupakan wewenang dari Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

"Kalau upacara bisa di atas 4.000-an, lapangan upacaranya, tetapi semuanya terserah di Setneg kami sedang koordinasikan, saya belum tahu nanti berapa. Tergantung undangannya, Setneg dan bukan saya, saya siapkan lapangannya," ujar Diana.

Sementara, kata dia, untuk progres pembangunan kantor presiden sudah mencapai 84 persen.

"Kantor presiden sudah tinggi di atas 80 persen, sudah 84 persen, interior sudah masuk juga," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan upacara HUT Ke-79 RI digelar di dua lokasi, yakni IKN dan Istana Kepresidenan, Jakarta.

Presiden menyatakan bahwa saat ini masih dalam masa transisi perpindahan dari Jakarta ke IKN.

"Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan. Jadi, di sini (Jakarta) tetap dilakukan, di sana (IKN) tetap dilakukan," ungkap Jokowi usai menghadiri penimbangan serentak di Posyandu Terintegrasi RW 02 RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2024).

Jokowi mengatakan jika sudah ada keputusan presiden (keppres) tentang pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN, maka untuk upacara 17 Agustus 2025 akan digelar di IKN.

"Nanti, tahun depan kalau sudah ada keputusan presiden mengenai perpindahan baru nanti di IKN saja. Termasuk, juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi, itu tidak mudah," ujar Presiden.

Baca juga: Kementerian PUPR percepat penyelesaian SPAM Sepaku untuk air minum IKN
Baca juga: Otorita IKN fokuskan isu lingkungan hidup ditanamkan ke generasi muda
Baca juga: Presiden ungkap alasan upacara HUT Ke-79 RI digelar di IKN dan Jakarta

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024