Jakarta (ANTARA) - Kementerian ESDM meraih penghargaan "Sustainability Initiative of the Year-Energy" pada ajang tingkat Asia, GovMedia Conference & Awards 2024, melalui program Gerilya Academy (Generation of Renewable Energy Involving Youth Action Academy).

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan ​​​​​GovMedia memberikan penghargaan atas prestasi Kementerian ESDM yang telah memenuhi high standards of excellence, melalui program yang dinilai sustainable dan mengantarkan kemajuan dan peningkatan standar kehidupan masyarakat Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima salah satu inisiator program Gerilya Academy sekaligus Koordinator Komunikasi dan Layanan Informasi Publik Kementerian ESDM Khoiria Oktaviani, mewakili Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, di Singapura, Kamis (13/6/2024) malam.

Gerilya Academy menjadi program kolaborasi Kampus Merdeka antara Kementerian ESDM, Kemendikbudristek, industri, akademisi, serta NGO untuk memberikan keterampilan dan pengalaman langsung di bidang energi baru dan terbarukan (EBT).

Program, yang telah diinisiasi sejak 2020 itu, hingga saat ini telah membina 260 mahasiswa yang telah berkontribusi langsung dalam mendorong transisi energi di Indonesia.

Menurut Agus, keberhasilan program tidak hanya diukur dari output kapasitas energi dan upaya pengurangan emisi, tetapi juga dari dampak positif terhadap para peserta program.

Sebagian besar alumni Gerilya Academy telah berafiliasi dengan industri dan mendapatkan pekerjaan di sektor energi.

"Generasi muda yang terlibat dalam Gerilya Academy adalah ujung tombak dalam upaya kita untuk mencapai keberlanjutan energi, melalui program ini kami mempersiapkan generasi muda untuk menjadi agen perubahan yang aktif dalam transisi menuju energi yang lebih bersih," ujar Agus.

Selama program Gerilya, para peserta mendapatkan kesempatan untuk terlibat langsung dalam proyek-proyek energi terbarukan, salah satunya adalah partisipasi dalam instalasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung dengan kapasitas 192 MWp, yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada November 2023.

Tidak hanya fokus pada pengembangan energi surya, lanjutnya, program juga mencakup berbagai sumber energi terbarukan lainnya seperti air, panas bumi, dan bioenergi.

Selain itu, Agus menambahkan peserta juga menyelesaikan kursus online selama satu bulan bersama para praktisi, akademisi, dan profesional di bidang energi bersih, dan menghabiskan sekitar lima bulan terjun langsung ke dalam industri energi terbarukan untuk memperdalam pengetahuan teknis di sektor energi.

Program tersebut juga membekali mereka dengan soft skills yang diperlukan sebagai seorang profesional.

"Dengan keterampilan dan pengalaman yang peserta peroleh di Gerilya Academy, kami yakin mereka akan menjadi pionir dalam upaya menuju keberlanjutan energi," tutur Agus.
Kementerian ESDM meraih penghargaan "Sustainability Initiative of the Year-Energy" pada ajang tingkat Asia, GovMedia Conference & Awards 2024, melalui program Gerilya Academy (Generation of Renewable Energy Involving Youth Action Academy), yang digelar di Singapura, Kamis (13/6/2024) malam. ANTARA/HO-Humas Kementerian ESDM

Program Gerilya sudah memasuki batch ke-6 MSIB Kampus Merdeka. Pada 2 batch terakhir penyelenggaraan program juga turut didukung oleh USAID Indonesia.

Baca juga: Kementerian ESDM luncurkan program Gerilya Academy Batch 6

GovMedia Conference & Awards merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk menyoroti proyek dan inisiatif pemerintah di Asia yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Dua perwakilan Indonesia berhasil meraih penghargaan pada kategori Sustainability Initiative, yakni Kementerian ESDM (kategori pemerintah) dan Pelita Air (kategori sektor swasta).

Baca juga: ESDM: Hulu migas lebih bergairah dengan insentif dan kebijakan baru
 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024