Jakarta (ANTARA) -
Timnas Bola Basket Putri U-18 berpindah latihan dari Bali ke Surabaya untuk melakukan uji tanding ke lebih banyak tim dengan menargetkan lima laga uji coba untuk persiapan FIBA U-18 Women’s Asia Cup Division A di Senzhen China.
 
“Kami latihan di Surabaya sejak 9 Juni rencananya sampai 21 Juni mendatang. Selama di Surabaya, berharap bisa menggelar lima kali uji coba untuk memantapkan kerja sama tim,” ungkap Dedy.
 
Dalam melakukan persiapan, sebelumnya Timnas Basket U-18 Putri memang lebih banyak berlatih di GOR Merpati Bali. Mereka memakai GOR Merpati Bali sejak seleksi tim pada 22-24 Maret 2024.
 
Mereka hanya keluar dari GOR Merpati sekitar sepekan jelang keberangkatan ke SEABA U-18 Women’s di Thailand pada 24-26 Mei lalu. Selama sepekan itu, Timnas Basket U-18 Putri berlatih di Jakarta Selatan.

Baca juga: Usai SEABA U-18, Timnas Putri langsung dipersiapkan untuk FIBA U-18
 
Kini, persiapan Timnas Basket U-18 Putri dilakukan di Surabaya. Para pemain berlatih di Surabaya pada 9-21 Mei 2024 sebelum bersaing di FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024 Division A di Senzhen, China pada 24-30 Juni 2024.
 
“Perpindahan tempat latihan ini untuk penyegaran supaya pemain tidak bosan dengan suasana latihan di Bali. Di Surabaya juga banyak tim yang bisa kita ajak uji coba. Ini sangat membantu dalam persiapan tim,” kata Dedy.
 
Uji coba yang sudah dilakukan Timnas Basket U-18 Putri adalah melawan Tim Surabaya Fever. Tim ini diisi pemain Timnas Senior yang mempersembahkan medali emas di SEA Games 2023 Kamboja.
 
Selanjutnya akan melawan Tim DBL All Star yang beberapa pemainnya merupakan pemain Timnas Basket U-18 Putri. Rencananya, uji coba selanjutnya akan melawan Tim Putri PON Jatim, Tim AUG Jatim, dan kembali menjajal Tim Surabaya Fever.
 
Para pemain timnas basket putri U-18 saat menjalani pemusatan latihan pertama yang berlangsung di Bali untuk persiapan menjelang SEABA U-18. (ANTARA/HO-PP PERBASI)
Baca juga: Perbasi sebut Timnas Basket Putri U-18 tetap lolos FIBA Asia Cup
 
Timnas Basket U-18 Putri menatap FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024 Division A dengan memanggil 18 pemain. Saat ini, para pemain yang ikut berlatih tinggal 13 nama.
 
“Ada beberapa pemain yang berhalangan ikut TC ini karena belum mendapatkan izin dari sekolah. Kami berharap Maxine Sutisna bisa gabung dalam pekan ini sehingga menjadi tambahan kekuatan timnas di China nanti,” jelas Dedy.
 
Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi mengapresiasi semangat para pemain muda Indonesia yang sedang mempersiapkan diri untuk meraih medali bagi Indonesia. Dia berharap, semangat dan fokus para pemain tetap terjaga hingga pertandingan nanti di China.
 
“Kami berharap para pemain bisa mengeluarkan kemampuan terbaik di China nanti. Konsistensi bermain juga harus dijaga agar bisa menjaga eksistensi kita di Divisi A di FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024,” jelas Nirmala.

Baca juga: Perbasi panggil 14 pemain untuk ikuti TC kedua timnas putri U-18
Baca juga: Sekjen PERBASI harap semangat pemain Timnas Putri U-18 tetap terjaga

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024