Jakarta (ANTARA) -
Ratusan pakaian mulai dari gaun, jas, sepatu hingga perhiasan milik mendiang desainer asal Inggris Vivienne Westwood akan dilelang yang bertujuan untuk mengumpulkan dana amal.
 
Ditulis laman Hindustan Times, Jumat, lebih dari 200 lot ditawarkan oleh Christie's di London untuk lelang dua bagian " Vivienne Westwood: The Personal Collection", yang terdiri atas penjualan langsung pada tanggal 25 Juni dan lelang online yang berlangsung pada tanggal 14-28 Juni.
 
Westwood adalah salah satu nama fesyen terbesar di Inggris, meninggal pada Desember 2022, dalam usia 81 tahun. Pasangan kolaborasi dan suami Andreas Kronthaler telah memilih penampilan selama 40 tahun untuk dilelang, mulai dengan yang paling awal dari koleksi Musim Gugur-Musim Dingin Westwood 1983-1984.

Baca juga: Perancang busana Vivienne Westwood tutup usia
 
"Ini adalah barang-barang yang dia pilih untuk dia pakai selama 40 tahun terakhir hidupnya,” Adrian Hume-Sayer, kepala penjualan lelang, mengatakan kepada Reuters pada pratinjau pers pada hari Kamis.
 
“Ini sangat pribadi. Ini adalah hal-hal yang dapat Anda lihat saat dia bersepeda, berkeliling London, wawancara pers, di akhir catwalk... menjalani kehidupan sehari-harinya. Tapi dia juga hidup... saat dia berbicara. Dan tidak seperti kebanyakan orang... dalam posisinya dia memakai sesuatu berulang kali. Dia punya favorit," tambahnya.
 
Westwood, yang namanya identik dengan pemberontakan punk tahun 1970-an, juga dikenal karena aktivismenya. T-shirtnya memuat slogan-slogan yang menentang perubahan iklim dan polusi akibat bahan bakar fosil, serta dukungannya terhadap pendiri WikiLeaks Julian Assange.

Baca juga: Koleksi busana gipsi versi Vivienne Westwood
 
Selain pakaian dan aksesori, satu set cetakan kartu remi yang dirancang Westwood pada tahun 2017, dengan fokus pada isu-isu seperti perubahan iklim dan kesenjangan, juga ditawarkan untuk dijual dengan perkiraan harga 30.000 pound - 50.000 pound (38.292 - 63.820 dolar AS).
 
Hasil lelang akan disumbangkan untuk tujuan dan badan amal yang didukung Westwood - Vivienne Foundation miliknya, Greenpeace, Amnesty International dan Médecins Sans Frontières, kata Christie's.
 
Pameran tersebut akan dibuka untuk umum di Christie's London mulai Jumat hingga 24 Juni.

Baca juga: Pakaian Jennifer Lawrence dalam "Silver Linings Playbook" dilelang

Baca juga: Koleksi seni desainer Kenzo dilelang hingga jutaan euro

Baca juga: Tulisan tangan lirik lagu Beatles ini dilelang
 

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024