Jakarta (ANTARA) - Dua pegof Indonesia Elaine Widjaja dan Rayhan Abdul Latief sukses menjuarai turnamen golf Mandiri Ciputra Golfpreneur Junior World Championship 2024, setelah keduanya berhasil mempertahankan posisi di klasemen akhir divisi putra dan putri pada hari terakhir turnamen di Damai Indah Golf Course PIK, Jakarta, Jumat.

Ini sekaligus menjadi pertama kalinya dalam sejarah penyelenggaraan Mandiri Ciputra Golfpreneuer Junior World Championship, dua posisi teratas klasemen akhir divisi putra dan putri dikuasai oleh atlet-atlet golf tanah air. Elaine, yang bermain lebih awal daripada Rayhan, harus menghadapi rasa gugup akibat memuncaki klasemen sementara. Ia bahkan baru bisa meraih birdie pertamanya di hole 6.

Meski kemudian mencatatkan bogey pertamanya di hole 13, Elaine berhasil memperkokoh posisinya dengan mencatatkan birdie keduanya di hole 12 dan menutup putaran final dengan skor 1-under 71 dan skor total 10-under 206. Ia berhasil unggul delapan pukulan atas pegolf peringkat 75 dunia Savannah de Bock asal Belgia.

”Saya merasa sangat gugup. Entah kenapa tangan saya juga terasa lebih tegang, padahal saya unggul banyak, tapi saya memang menghadapi putt terakhir, lalu banyak yang menonton juga,” ujar Elaine seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pewarta.

Baca juga: Elaine dan Rayhan tampil baik pada hari pertama turnamen junior ”Saya masih ingat ketika masih bermain di Divisi C, waktu itu hanya ada lima peserta dan saya ada di posisi terakhir dan masih bisa dapat trofi. Dan sekarang bisa memenangkan Overall Girls, rasanya luar biasa, tapi masih ada yang mesti diperbaiki sehingga saya harus tetap berlatih dan meningkatkan diri,” tambahnya.

Di divisi putra, Rayhan juga bersyukur karena mampu meraih gelar yang gagal didapatnya pada edisi tahun lalu. Tiga birdie dari hole 6, 8, dan 13 semakin menjamin kemenangan dan dominasinya yang telah diukir sejak hari pertama. Meskipun harus mengakhiri putaran final dengan bogey di hole 14 dan 18, skor total 11-under 205 sudah cukup memberinya kemenangan delapan pukulan atas pegolf Jepang Satoshi Nakano.

”Alhamdulillah, saya bisa bermain lebih lepas pada turnamen ini, selain itu bisa lebih menikmatinya juga. Saya pikir itu salah satu alasan mengapa saya bisa mendapatkan prestasi kali ini,” tutur Rayhan yang merupakan pegolf binaan Ciputra Golfpreneur Foundation itu. ”Saya ingin mendedikasikan kemenangan ini kepada almarhum papa saya. Saya senang dengan prestasi ini, tapi juga sedih karena beliau tidak bisa menemani saya,” tuturnya.

Baca juga: Elaine dan Rayhan pertahankan posisi puncak klasemen turnamen junior

Selanjutnya: Kemenangan ini



Kemenangan ini menjadikan Elaine sebagai pegolf putri Indonesia pertama yang menjuarai Mandiri Ciputra Golfpreneur Junior World Championship sejak Rivani Adelia Sihotangpada tahun 2014.

Sedangkan Rayhan menjadi pegolf putra Indonesia kelima yang menjuarai ajang ini setelah Jovi Ocvandio Panggabean (2010), Jordan Surya Irawan (2011), Joshua Andrew Wirawan (2012), dan Kentaro Nanayama (2019). Selain memenangi kategori individu, para pegolf Indonesia berhasil juga mempersembahkan trofi kategori beregu. Tim Indonesia 1 yang diperkuat Rayhan dan William Justin unggul tiga pukulan dari duet Satoshi Nakano dan Kinjiro Kato yang mengumpulkan skor total 432.

Tim Indonesia 2 yang beranggotakan Jordan Surya Marcello dan Asyrafa Danish Suryanto menempati posisi ketiga dengan skor total 442. Sedangkan tim Jepang 2 yang beranggotakan Runa Ikoma dan Shizuki Mori berhasil memenangi kategori beregu putri dengan skor total 444, tujuh pukulan lebih baik daripada duet Singapura Valencia Chang dan Passion Hsu.

Kejutan justru tercipta pada putaran final ini, ketika duo Jepang Kazuna Komiya dan Nao Sugimoto yang berhasil menggeser duet Lisa Coetzer dan Ellandri van Heerden di tempat ketiga.

Tim Jepang 1 mengumpulkan skor total 460 dan bermain count back lebih baik daripada Tim Singapura 1 yang beranggotakan Chloe Ng dan Aamiya Koul.
  Klasemen Final Girls’ Overall (Divisi A dan B)

206 – Elaine Widjaja (INA) 68-67-71 214 – Savannah de Bock (BEL) 72-73-69

219 – Runa Ikoma (JPN) 70-72-77 220 – Palinee Vimoonchart (THA) 72-74

222 – Nao Sugimoto (JPN) 75-74-73 224 – Aamiya Koul (SIN) 73-77-74


Klasemen Final Boys’ Overall (Divisi A dan B)

205 – Rayhan Abdul Latief (INA) 68-66-71 213 – Satoshi Nakano (JPN) 73-69-71

214 – Ranveer Mitroo (IND) 70-72-72 216 – Aaron Wee Zheng Kai (SIN) 73-68-75

217 – Troy Storm (SIN) 72-70-75 218 – Ren Miake (JPN) 71-74-73


Klasemen Final Kompetisi Beregu Putra 429 – Tim Indonesia 1 (Rayhan Abdul Latief dan William Justin Wijaya)

432 – Tim Jepang 1 (Satoshi Nakano dan Kinjiro Kato) 442 – Tim Indonesia 2 (Jordan Indra Marcello dan Asyrafa Danish Suryanto)


Klasemen final Kompetisi Beregu Putri

444 – Tim Jepang 2 (Runa Ikoma dan Shizuki Mori)

451 – Tim Singapura 2 (Valencia Chang dan Passion Hsu)

460 – Tim Jepang 1 (Kazuna Komiya dan Nao Sugimoto)

Baca juga: Gemilau Joanne raih juara Singapore Junior Golf Championship 2024
Baca juga: Fun Golf Tournament jadi ajang silaturahmi dan pembinaan pegolf muda
Baca juga: PGI: Asosiasi golf bersama Indonesia-China akan pacu prestasi golf

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024