Jakarta (ANTARA) - Striker milik Persis Solo Ramadhan Sananta ingin Toni Kroos menutup karier sepak bolanya dengan memenangi trofi Euro atau Piala Eropa 2024 bersama timnas Jerman.

Selama berkarier di dunia sepak bola, gelandang 34 tahun itu memenangi hampir semua trofi seperti Liga Jerman, Liga Spanyol, Liga Champions, hingga Piala Dunia.

Satu trofi bergengsi yang belum dimenangi Kroos hanyalah Piala Eropa dan oleh karena itu Sananta ingin gelandang kelahiran Greifswald, Jerman itu mengakhiri karier sepak bolanya dengan melengkapi lemari trofinya dengan trofi Piala Eropa yang pada tahun ini dimainkan di kandang sendiri.

Sebagai tuan rumah, Jerman berada di Grup A bersama Skotlandia, Hungaria, dan Swiss. Negeri Panzer akan membuka pergelaran empat tahunan itu melawan Skotlandia di Allianz Arena, Muenchen pada Sabtu (15/6) pukul 02.00 WIB.

"Memilih Jerman dan kebetulan Toni Kroos tahun terakhirnya. Saya berharap mereka bisa menunjukkan yang terbaik," kata Sananta ketika ditemui ANTARA di Jakarta Selatan, Jumat.

Baca juga: Toni Kroos bakal pensiun setelah Euro 2024

Ia mengaku sejatinya mendukung Portugal. Namun, ketika siapa yang berhak memenangkan Piala Eropa tahun ini, ia ingin Jerman keluar sebagai pemenang.

"Idola saya di Portugal. Tapi kan saya harus milih siapa yang terbaik pada tahun ini," tambahnya.

Ketika disinggung siapa yang akan menjadi top skor, Sananta menyampingkan nama Robert Lewandowski dari timnas Polandia yang gaya bermainnya menurutnya sama seperti dirinya.

Striker yang membawa mantan timnya PSM Makassar juara itu memilih Jude Bellingham sebagai top skor. Pilihan ini, kata Sananta, tak lepas dari penampilan pemain 20 tahun itu yang sangat subur pada musim perdananya di Real Madrid dengan 23 gol dan 12 asis.

Baca juga: Bellingham sebut mimpinya terwujud setelah menjuarai Liga Champions

"Berat ini. Mungkin Jude Bellingham. Walaupun dia tidak striker tapi saya pilih dia," kata Sananta.

Sananta lalu memilih empat tim yang ia prediksi menembus semifinal. Ia menyampingkan timnas Belanda, negara yang mungkin banyak didukung rekan di timnasnya yang mempunyai keturunan dari Negeri Kincir Angin tersebut.

Ia pun memilih tuan rumah Jerman, Prancis, Portugal, dan Spanyol sebagai empat terbaik dari 24 kontestan Piala Eropa musim ini.

"Jerman, Prancis, Portugal, satu lagi siapa ya, Spanyol deh. (Belanda) Engga. Sorry ya," ucapnya.

Baca juga: Suporter tim kontestan Piala Eropa 2024 mulai membanjiri Berlin
Baca juga: Rekor pertemuan Jerman vs Skotlandia: Die Mannschaft dominan

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024