Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak melantik 1.064 orang perwira Program Studi Pendidikan Pembentukan Perwira (Prodi Diktukpa) TNI AD Gelombang I tahun ajaran 2024 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapaad) Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Dalam siaran pers resmi TNI AD, Maruli mengapresiasi seluruh kerja keras para perwira muda yang berhasil menuntaskan pendidikan tersebut.

"Para perwira telah digembleng melalui pendidikan berstandar tinggi di lembaga terhormat ini," kata Maruli dalam siaran pers yang diterima ANTARA, Jumat.

Menurut Maruli, para perwira yang baru lulus ini akan menghadapi beragam tantangan terutama di bidang kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan soal pertahanan.

Para perwira ini pun diharapkan Maruli dapat mengikuti perkembangan zaman tersebut sehingga jajaran TNI AD bisa terus mengalami kemajuan di berbagai bidang.

Selain itu, meningkatnya status para prajurit diharapkan Maruli dapat menumbuhkan tanggung jawab dalam bertugas mempertahankan NKRI.

"Mengubah jenjang kepangkatan dari Bintara menjadi perwira dengan konsekuensi meningkatnya tuntutan tugas dan tanggung jawab, kualitas kalian sebagai prajurit harus lebih meningkat karena tanggung jawab tugas juga lebih besar," kata Maruli.

Karenanya, dia berharap para perwira baru ini bisa terus membawa TNI AD lebih moderen dan adaptif dalam perkembangan zaman demi penguatan pertahanan NKRI.

Untuk diketahui, pendidikan pembentukan perwira AD ini telah dilalui para siswa selama lima bulan. Dari ribuan lulusan, TNI mendapuk dua lulusan terbaik dari siswa laki-laki dan perempuan.

Untuk penyandang predikat Adhi Wiradhika siswa pria terbaik jatuh kepada Letda Inf Rico Hafizi Andesmi dari Kesatuan Kopassus dengan IPK akhir 3,354.

Sedangkan peraih predikat Adhi Wiradhika Kowad terbaik jatuh kepada Letda Ckm Wiwik Aisyah dari Kesatuan Denmabesad dengan IPK akhir 3,543.
Baca juga: TNI AD periksa anggota yang gelapkan dana satuan untuk judi online
Baca juga: Panglima resmi jadi warga kehormatan Pusat Polisi Militer TNI AD

Pewarta: Walda Marison
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024