Kota Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, menyelenggarakan Shalat Idul Adha 1445 Hijriah/2024 di Masjid Raya Bogor, Jalan Pajajaran, Kelurahan Baranangsiang, pada Senin 17 Juni 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor Hery Antasari di Kota Bogor, Sabtu, mengatakan selain Shalat Id, di Masjid Raya Bogor juga akan ada penyerahan hewan kurban dari Pemkot Bogor.

“Shalat Id sudah direncanakan kita akan diselenggarakan di Masjid Raya. Nanti juga akan ada penyerahan hewan kurban. Saya juga di hari yang sama ingin ke Masjid Agung juga melihat penyelenggaraan penyembelihan,” kata Hery.

Ia memastikan seluruh unsur di Kota Bogor telah siap menyelenggarakan Idul Adha 1445 Hijriah, mulai dari pelaksanaan Shalat Id, penyembelihan hewan kurban, hingga pendistribusian daging.

Baca juga: MUI imbau pengelola ibadah kurban untuk tidak mencemari lingkungan

Hery menyampaikan Pemkot Bogor secara simbolis menggelar Shalat Id di Masjid Raya Bogor. Namun ia memastikan di titik lain masyarakat dengan berbagai unsur juga akan menggelar Shalat Id.

“Shalat Id di titik lain nanti masyarakat dengan berbagai unsur pasti mengadakan ya,” ucapnya.

Hery berharap penyelenggaraan Idul Adha 1445 Hijriah berjalan lancar. Ia pun mengimbau agar penyembelihan hewan kurban tetap memperhatikan kebersihan, terutama pembuangan limbahnya.

Baca juga: Pentingnya berperilaku ihsan kepada hewan kurban

“Perhatikan kebersihan, ketertiban, pembuangan limbah, hewannya dipastikan sudah diberikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH),” kata Hery.

Pada Rabu (12/6) Hery mengunjungi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Rumah Potong Hewan (RPH) di Kelurahan Bubulak, dan mempersilakan warga Kota Bogor memotong hewan kurban di sana.

“Kalau kapasitasnya masih memungkinkan itu sangat bisa. Silakan memotong di RPH ini, kalau ingin ada jaminan pemotongannya sesuai dengan syariat Islam, kemudian kebersihannya terjaga, silahkan di sini,” ujarnya. 

Baca juga: KLHK keluarkan edaran, hindari kantong plastik untuk daging kurban

Pewarta: Shabrina Zakaria
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024